Ciptakan Tenaga Kerja Terampil Menuju ‘High Income Country’

[Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengisi diskusi pada Pembukaan Munas HIPMI XVII yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022). Foto: Kresno/nr]

Ketua DPR RI Puan Maharani memaparkan soal agenda strategis dalam hal pembangunan karakter bangsa Indonesia, pembangunan kedaulatan pangan nasional, penguatan industri nasional, pemerataan pembangunan infrastruktur, serta reformasi birokrasi yang nyata. Ia mengatakan, saat ini Indonesia sudah lepas dari lower middle-income country dan masuk menjadi upper middle-income country.

“Kita perlu terus melakukan perubahan struktural, menciptakan tenaga kerja terampil, inovasi teknologi yang ramah lingkungan dan efisien, serta iklim usaha yang kondusif. Dengan jalan ini kita dapat optimis menuju High Income Country,” ungkap Puan saat mengisi diskusi pada Pembukaan Munas HIPMI XVII yang digelar di Solo, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

Menurut Puan, banyak permasalahan dan tantangan bangsa yang harus dihadapi untuk dapat mewujudkan Indonesia maju di segala bidang. Oleh karenanya, beberapa agenda strategis ke depan perlu diperkuat dan dipertajam. Dia menjabarkan gejolak ekonomi dunia yang saat ini memperlihatkan terjadinya krisis pangan dan energi.

Menurut Puan, hal itu harus dijadikan sebagai pengingat untuk memperkuat upaya pada peningkatan produktivitas pangan dan industri pangan sehingga Indonesia memiliki kedaulatan pangan.

“Kita juga memahami bersama bahwa masih sangat dibutuhkan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Karena kemajuan pembangunan di daerah adalah kemajuan Indonesia. Diperlukan skema kerja sama Pemerintah dan swasta yang dapat memberikan ruang bagi swasta untuk ikut membangun infrastruktur di daerah,” jelas Puan. (ssb/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)