Tragedi Kanjuruhan Harus Diusut Sampai Tuntas

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Stadion Kanjuruhan Malang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (13/10). FOTO: CAS/PDT
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat melakukan kunjungan kerja spesifik ke Stadion Kanjuruhan Malang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (13/10). FOTO: CAS/PDT

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengatakan bahwa banyak hal yang jadi temuan penting Komisi III DPR RI saat melakukan kunjungan kerja ke Stadion Kanjuruhan Malang, antara lain standar operasional yang dilakukan khususnya penembakan gas air mata ke tribun, lalu jumlah kapasitas penonton dan undangan tiket yang disebar, itu semua harus diusut sampai tuntas.

“Tetapi yang paling penting adalah kami (Komisi III DPR RI) menginginkan agar kasus ini dapat diusut sampai tuntas dan kalau kita melihat keinginan pemerintah juga sama yaitu dengan dibentuknya Scan QR untuk berita selengkapnya tim pencari fakta,” ujar Adies saat diwawancarai usai melakukan kunjungan kerja spesifik ke Malang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (13/10).

Politisi Dapil Jawa Timur I itu meminta agar semua pihak baik itu dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) kemudian dari pihak keamanan harus samasama bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan tersebut yang sudah banyak menyita perhatian masyarakat Indonesia dan luar negeri.

“Kami ingin supaya semua pihak termasuk pihak kepolisian untuk menjalin komunikasi kembali dengan pihak Aremania, dan juga menjadi pengalaman bagi Polri dimanapun berada, karena semua daerah ada suporter dan ada pemainnya jadi cobalah tunjukan cara berkomunikasi, bersosialisasi dan bersilaturahmi yang baik agar tidak ada miskomunikasi antara masyarakat dan pihak Polri,” ungkap Adies.

Politisi Fraksi Partai Golkar itu berharap agar Kepolisian dapat menunjukan kerja-kerja baik dari pengalaman yang cukup luar biasa dan memukul hati itu. “Jadi coba dibuat suatu standar operasional yang baru agar pengalaman buruk ini tidak terulang kembali. Kami terus memantau dan akan melakukan rapat dengan Kapolri untuk mencari solusi penyelesaian kasus ini dan juga meminta agar kasus ini diusut sampai tuntas,” tegas Adies.

Komisi III DPR RI bersepakat tragedi tersebut harus diusut tuntas agar tidak terjadi hal serupa dikemudian. Selain itu, Adies berharap, proses hukum yang sedang berlangsung harus segera ditugaskan agar tidak menjadi preseden buruk ke depannya. Dalam kunjungan ini rombongan melihat langsung kondisi pintu keluar yang disebut-sebut yang banyak memakan korban jiwa. •cas/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)