Suarakan Penguatan Peran Perlemen Dunia, IPU ke-144 Tawarkan Solusi Global

Presiden Joko Widodo bersama Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani dan Presiden IPU Duarte Pachecho saat membuka IPU ke-144 di Nusa Dua, Bali. Foto: Runi/Prima

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyuarakan penguatan peran parlemen dunia untuk lebih berkontribusi menjadi bagian dari solusi global. Ia pun mendorong parlemen dunia menjembatani perbedaan antar negara dengan memfasilitasi dialog dan membangun kemitraan antar Parlemen. 

“Akar permasalahan ada pada perbedaan posisi pada tingkat internasional dan juga perbedaan pandangan politik dalam negeri. Kita perlu menjembatani perbedaan antar negara dengan memfasilitasi dialog dan membangun kemitraan antar parlemen,” tutur Puan saat membuka Inter-Parlimentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/3). 

Oleh karenanya, Puan berharap agar parlemen terus berpegangan pada prinsip-prinsip kemanusiaan dalam mendorong kerja sama internasional. Lebih lanjut, ia juga meminta agar negara-negara dapat menjembatani dan mendukung tercapainya kemerdekaan penuh atas Palestina, mendorong Myanmar yang demokratis, sekaligus terciptanya gencatan senjata demi terwujudnya perdamaian di Ukraina. 

“Majelis IPU ke-144 menjadi momentum bagi Parlemen untuk menyebarkan budaya damai yang selalu mempromosikan toleransi, dan dialog, serta menolak kekerasan,” jelas politisi PDI-Perjuangan itu. 

Di sisi lain, Puan tidak luput menegaskan keterlibatan kaum muda yang ikut memperjuangkan penyelesaian isu perubahan iklim dunia dan kesetaraan gender. Ia ingin pemuda berpartisipasi aktif dalam setiap pengambilan keputusan. Terakhir, menghadapi ketidakpastian akibat situasi geopolitik yang kompleks, ia berharap parlemen menjadi kunci yang menunjukan kepemimpinan sehingga dapat memobilisasi aksi nyata dalam mengatasi tantangan global. •ts/aha

Parlemen Dunia sebagai jembatan perbedaan antar Negara dengan memfasilitasi dialog dan membangun kemitraan antar Parlemen.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)