Sosialisasi Bina Keluarga Jelang Pernikahan Perlu Terus Dilaksanakan

Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti saat pertemuan Tim Kunjungan Kerja dengan Kakanwil Kemenag DIY dan KUA DIY beserta jajarannya. Foto: Azka/Man

Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti mengimbau agar sosialisasi bina keluarga menjelang pernikahan dan setelah pernikahan perlu terus dilaksanakan oleh jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) dan Kantor Urusan Agama (KUA). Menurut Endang, melalui sosialisasi ini diharapkan keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah di masyarakat dapat terwujud. 

“Program keluarga sakinah harus benar dilaksanakan pembinaannya, tidak hanya ketika mereka akan menikah saja. Agar betul-betul bisa menjalani pernikahan sesuai norma agama, dan bisa menekan angka perceraian,” kata Endang usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja dengan Kakanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta dan KUA DIY beserta jajarannya, di Kabupaten Bantul, DIY, Jumat (8/10). 

Politisi Partai Golkar ini pun meminta dalam sosialisasi ini diharapkan bisa dilakukan secara berkelanjutan dan juga melihat kondisi di masing-masing daerah, karena di tiap daerah berbeda kondisinya. Sehingga nanti pembinaannya bisa menjadi masukan kepada masyarakat yang akan menikah dan menghindari perceraian, terutama bagi pasangan pernikahan usia muda. 

“Komisi VIII akan mendorong kepada pihak terkait agar pembinaan keluarga sakinah betul-betul berjalan dan bisa menekan masyarakat yang ingin menikah muda dan kasus perceraian. KUA ini juga harus bisa mapping daerahnya dengan disesuaikan cara sosialisasi masing- masing daerah, dilakukan nya dengan cara berkelanjutan,” pesan legislator dapil Jawa Tengah IV tersebut. azk/sf

"Program keluarga sakinah harus benar dilaksanakan pembinaannya, tidak hanya ketika mereka akan menikah saja. Agar betul-betul bisa menjalani pernikahan sesuai norma agama, dan bisa menekan angka perceraian"

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)