Setjen DPR Terima Kunjungan Dubes Vietnam Guna Partisipasi dalam Agenda P20

Plh. Sekretaris Jenderal DPR RI Sumariyandono bertukar cenderamata usai menerima kunjungan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia H.E. Ta Van Thong di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta.

Sekretariat Jenderal DPR RI menerima kunjungan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia H.E. Ta Van Thong. Kunjungan tersebut diterima oleh Plh Sekretaris Jenderal DPR RI Sumariyandono, Plh Deputi Persidangan Setjen DPR RI Suprihartini, Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna, dan Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen Setjen DPR RI Endah Retnoastuti. 

Menurut Dono, sapaan akrab Sumariyandono, kunjungan Dubes Vietnam ini terkait ketertarikan Parlemen Vietnam untuk berpartisipasi dalam kegiatan Parliamentary 20 (P20) pada November 2022 mendatang. Meskipun demikian, ia menilai niat baik tersebut perlu mendapatkan pertimbangan terlebih dahulu. Sebab, saat ini, DPR RI sedang menjalani masa reses. Sehingga, untuk tindak lanjutnya akan disampaikan kemudian. 

“Kita sampaikan bahwa ini akan menjadi pertimbangan setelah melaporkan ke Ketua DPR RI terlebih dahulu. DPR RI sedang dalam masa reses dan nanti akan dikomunikasikan jadwal pasti kunjungannya kembali,” jelas Dono di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Rabu (13/7). Di sisi lain, ia juga menyampaikan terima kasih kepada Vietnam yang telah berpartisipasi dalam kegiatan InterParliamentary Union (IPU) di Bali pada Maret 2022 lalu. 

Sehingga, meskipun baru menjabat lima bulan sebagai Dubes Vietnam untuk Indonesia, Dono yakin akan banyak penyesuaian yang dilakukan oleh dubes tersebut. “Dubes Vietnam yakin bahwa ke depan, kerja sama Indonesia dan Vietnam semakin baik. Terutama kerjasama untuk antarparlemen Indonesia dan Vietnam,” tutupnya. 

Sebelumnya pada forum IPU ke144 di Bali, Indonesia dan Vietnam sependapat tentang pelaksanaan net zero emissions pada 2050 nanti. Vietnam mendukung segala proses pencapaian net zero emissions. Dengan hal ini, H.E. Ta Van Thong menyampaikan keyakinan Vietnam dalam kerja sama bilateral akan semakin baik ke depannya. •rdn/sf

DUBES VIETNAM YAKIN BAHWA KE DEPAN, KERJA SAMA INDONESIA DAN VIETNAM SEMAKIN BAIK. TERUTAMA KERJASAMA UNTUK ANTARPARLEMEN INDONESIA DAN VIETNAM.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)