Sektor UMKM Perlu Dukungan agar Segera Bangkit

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat mengunjungi sentra pembuatan batik di Yogyakarta. Foto: Rifky/Man

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar memperhatikan dan membangkitkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerahnya masing-masing. Karena sektor UMKM sangat memerlukan dukungan agar segera bangkit dari keterpurukan sebagai dampak dari pandemi Covid-19 yang masih berlangsung serta kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

“Saat ini semua sektor merasakan, dan tentunya ini harus mendapatkan dukungan. Yang paling penting adalah UMKM. Bagaimana mengatasi, membantu pelaku UMKM yang kena dampak. Ini harus kita jaga. Di sinilah perlu program-program yang memudahkan mereka, atau mengatasi masalah mereka di masa pandemi ini,” ucap Gobel dalam siaran persnya kepada Parlementaria, Kamis (12/8). 

Politisi Partai NasDem tersebut mencontohkan UMKM yang banyak digandrungi masyarakat saat ini adalah kuliner. Pemerintah harus aktif memberi dukungan kepada pelaku UMKM kuliner ini. Dengan begitu, Gobel meyakini perekonomian masyarakat menengah ke bawah akan bertahan selama pemberlakuan PPKM. 

 “Pemerintah harus bisa memberikan pembinaan, bimbingan kepada para pelaku UMKM. Dari menjual makanan yang lebih sehat, lebih baik. Nah ini harus didorong, diberikan kepada masyarakat,” terang Gobel seraya menambahkan, perhatian serius lainnya juga harus diberikan kepada UMKM. 

Gobel menyatakan, jika perusahaan-perusahaan besar mendapatkan insentif dari dampak pandemi Covid-19, maka hal sama juga harus diberikan kepada UMKM. “Yang penting ini UMKM level bawah harus ada insentif. Nah, ini yang harus dipikirkan. Yang kecil pun harus diinsentifkan,” tegas wakil rakyat daerah pemilihan Gorontalo ini. 

Sementara itu, kepada para pelaku usaha, ia menyarankan agar tetap eksis dengan cara memanfaatkan dunia teknologi yang tengah tren saat ini. “Kepada para pelaku usaha, tentunya masih bisa melakukan pengembangan, misalnya pakai sistem online. Saya banyak melihat karyawan toko-toko menawarkan produk atau dagangannya secara online, dengan data yang dimiliki toko tersebut,” pungkas Gobel.  es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)