Saan Mustopa Tepis Wacana Penundaan Pemilu Serentak 2024

 
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa. Foto: Andri/Man

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menepis kabar penundaan skema Pemilu 2024 menjadi 2027. Ia mengatakan, pemilu serentak tetap dilaksanakan pada 2024. Ia menegaskan, DPR dan pemerintah tidak pernah membahas rencana penundaan tersebut. 

“Tidak ada wacana penundaan Pemilu Serentak 2024 ke 2027,” tegas Saan saat dikonfirmasi awak media baru-baru ini. Politisi Fraksi Partai NasDem ini menegaskan, pelaksanaan Pemilu legislatif baik DPR RI, DPRD, dan DPD serta Pemilu Presiden masih sesuai kesepakatan akhir yakni tetap diselenggarakan di tahun 2024.

Seperti diketahui bahwa beberapa waktu belakangan ini beredar kabar di media sosial bahwa skema pemilu DPR, DPD, dan pemilihan presiden yang semestinya dilakukan pada 2024 ditunda ke 2027. Sementara, untuk Pemilu DPRD dan Pilkada tetap digelar 2024. Dalam kabar yang beredar itu juga disebutkan bahwa Kaukus Pemilu sudah melakukan lobi-lobi politik ke Ketum Parpol. 

Sementara itu pernyataan yang sama juga disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari yang mengatakan bahwa informasi yang beredar terkait pemilu serentak 2024 diundur menjadi tahun 2027 adalah tidak benar. Ia memastikan, pelaksanaan pemilu tetap sesuai jadwal dengan pemungutan suara yakni pada 28 Februari 2024.  dep/es

"Pelaksanaan Pemilu legislatif baik DPR RI, DPRD, dan DPD serta Pemilu Presiden masih sesuai kesepakatan akhir yakni tetap diselenggarakan di tahun 2024."

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)