RTRW Papua Barat Harus Pertimbangkan Kesejahteraan Masyarakat

Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra. Foto: SAUM/PDT
Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra. Foto: SAUM/PDT

Anggota Komisi II DPR RI A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra menekankan penyusunan dan implementasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Papua Barat harus mempertimbangkan aspek kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, aspek ini menjadi vital guna mencegah potensi konflik usai pemekaran wilayah. 

“Tata ruang (Provinsi Papua Barat) ini menjadi tata ruang yang harus benar-benar mencerminkan kebutuhan (masyarakat setempat). Di mana nanti, bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang juga harus ditingkatkan dalam pelaksanaannya,” tutur Bagus usai mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI ke Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (22/9). 

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar itu menekankan RTRW akan menjadi pondasi bagi pembangunan bagi Papua Barat. Tentu, terang Bagus, RTRW akan menentukan bagaimana SDA beserta SDM mendorong gerak perekonomian masyarakat Papua Barat di masa depan. 

“Bumi, air, dan udara dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat, orientasi kita di situ. RTRW yang tidak lepas dari batas wilayah menjadi penting untuk percepatan pembangunan. Ini juga penting untuk kepastian investasi,” jelas legislator daerah pemilihan Bali itu. •ts/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)