Rachmat Gobel Tegaskan Komitmen Penuh DPR terhadap SDGs Parlemen Global

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) Rachmat Gobel saat menghadiri The First Global Parliamentary Meeting On Achieving The SDGs. Foto: Puntho/nvl

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menegaskan DPR berkomitmen penuh terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) melalui fungsi-fungsinya. Gobel juga mengajak semua pihak dalam hal ini parlemen dunia untuk memperkuat kerjasama di tingkat nasional dan global. Melalui forum First Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs, Gobel berharap parlemen dapat terus meneguhkan kembali komitmen yang telah disepakati bersama dalam 2030 Agenda for Sustainable Development. 

Secara khusus, sambung Gobel, melalui fungsi parlemen, DPR RI dapat terus mendorong pengarusutamaan SDGs ke dalam berbagai proses legislasi di tingkat nasional dan memperkuat kerjasama yang telah terbangun di tingkat global untuk bersama-sama mewujudkan target pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Pimpinan Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) DPR RI ini juga menyoroti pentingnya kerja sama antar negara sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19. 

“Sehingga, diperlukan kerja sama dan rasa tolong-menolong dan bukan kompetisi dalam pembangunan global dan penanganan pandemi. Pandemi Covid-19 juga semakin menyadarkan bahwa kita sebagai manusia untuk mempererat kerja sama dan saling tolong menolong,” ujar Gobel saat menutup The First Global Parliamentary Meeting On Achieving The SDGs yang bertajuk ‘Mengubah Tantangan Pandemi Covid-19 Menjadi Peluang Mencapai SDGs’, di Jakarta, Kamis (30/9) yang diselenggarakan oleh DPR RI dan Inter-Parliamentary Union (IPU) secara fisik dan virtual. 

Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) tersebut juga mengungkapkan, pandemi Covid-19 semakin menyadar-kan masyarakat dunia bahwa keseimbangan ekologis harus semakin dijaga. “Munculnya virus Covid-19 ini merupakan bentuk evolusi makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Akses terhadap vaksin dan obat-obatan perlu ada kesetaraan. Ilmu kedokteran, farmasi, dan mikrobiologi harus dibagikan bersama. Jangan dimonopoli oleh negara-negara tertentu saja,” pungkas Gobel. 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong yang hadir secara virtual mengungkapkan bahwa pencapaian SDGs mengalami peningkatan. Karena itu, Martin mengimbau parlemen dunia harus lebih pro-aktif dalam berbagai upaya pencapaian SDGs termasuk dari sisi akuntabilitas. Selain itu, perlu upaya ekstra untuk mengurangi ketimpangan pendanaan, akses terhadap data, dan ketimpangan gender.  pun/sf

"Pentingnya kerja sama antar negara sebagai upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19"

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)