Presiden Apresiasi DPR Dukung Transformasi Besar Pemerintah

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di hadapan Anggota MPR RI-DPR RI-DPD RI pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI. Foto: FAISAL/NVL

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan apresiasi atas dukungan DPR RI yang telah mendukung beberapa transformasi besar pemerintah. Di antaranya Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual serta UU Ibu Kota Negara (IKN).

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat menyampaikan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

“Pembangunan IKN harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan wirausahawan. Bukan hanya berisi kantor pemerintah, tetapi juga motor penggerak ekonomi baru. Bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia. Kawasan Inti Pusat Pemerintahan memang dibangun APBN, tetapi selebihnya 80 persen investasi swasta diundang berpartisipasi,” jelas Presiden kepada di hadapan Anggota MPR-DPR-DPD RI.

Namun demikian, Presiden Jokowi menegaskan kembali bahwa Indonesia harus senantiasa waspada, hati-hati, dan siaga. Mengingat, krisis demi krisis masih menghantui dunia serta geopolitik dunia mengancam keamanan kawasan. Maka, Presiden mengingatkan seluruh elemen nasional harus selalu ‘Eling lan Waspodo’ yang bermakna harus ingat dan waspada.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengajak seluruh pihak harus selalu cermat dalam bertindak serta harus selalu hati-hati dalam melangkah. Presiden kembali menegaskan agenda besar bangsa tidak boleh berhenti. Presiden meminta langkahlangkah besar harus terus dilakukan terlebih ada minimal 5 agenda besar nasional. Terkait hal itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersatu padu dan mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia Maju.

“Dengan komitmen dan kerja keras, dengan inovasi dan kreativitas. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa mempermudah upaya kita, dalam meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’, Aamiin YRA. Marilah kita bersatu padu, untuk Indonesia Maju. Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Dirgahayu Republik Indonesia! Dirgahayu Negeri Pancasila! Merdeka!” pungkas Presiden Jokowi. •pun/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)