Potensi Penerimaan Negara di Banten Perlu Dioptimalkan

Tim Kunspek Komisi XI DPR RI berkunjung ke KPP Bea Cukai Madya Pabean Tangerang, Banten. Foto: Singgih/Man

Anggota Komisi XI DPR RI Marinus Gea menilai bahwa penerimaan negara, baik penerimaan pajak, penerimaan negara bukan pajak, bea masuk dan cukai di Provinsi Banten rata-rata telah melebihi target. Ia mencontohkan, penerimaan pajak di Banten saat pandemi masih bisa mencapai 93,87 persen, di mana pencapaian tersebut masih lebih tinggi daripada pencapaian nasional sebesar 89 persen. Menurutnya, capaian ini sangat signifikan.

“Di tengah pandemi yang sudah melanda Indonesia, mulai dari triwulan kedua di tahun 2020 ini penerimaan pajak di Provinsi Banten bisa mencapai 93,87 persen. (Capaian) itu sangat signifikan dan patut diapresiasi,” ungkap Marinus saat mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI ke Kantor Pajak Pratama (KPP) Bea Cukai Madya Pabean Tangerang, Banten, Jumat (5/2).

Politisi PDI-Perjuangan itu menilai masih banyak potensi pajak yang bisa digali dan dioptimalisasi, karena Banten memiliki banyak sektor industri, BUMN serta potensi lainnya. “Banten ini kan banyak industrinya, banyak BUMN, ada bandara, ada pelabuhan, potensi-potensi inilah yang bisa dioptimalkan dalam penerimaan pajak, bea masuk dan cukainya di Banten, sehingga akan bisa melebihi targetnya lagi,” ungkap Marinus.

“Pandemi ini tentunya sangat berpengaruh atas target yang telah ditentukan. Namun saya melihat, khususnya di Banten walaupun di situasi pandemi dengan target yang telah ditentukan pasti masih bisa dicapai. Potensi pajak di Banten jauh lebih banyak dibandingkan target yang telah ditentukan, maka potensi-potensi yang ada harus dioptimalkan kembali,” pesan legislator daerah pemilihan (dapil) Banten III itu.

Sebagaimana diketahui, proyeksi penerimaan negara dari Kantor Wilayah DJBC Banten tahun 2021 sebesar Rp3,214 triliun atau meningkat sebesar 3,86 persen dari target penerimaan tahun 2020, dengan rincian proyeksi penerimaan bea masuk tahun 2021 adalah sebesar Rp1,594 triliun, meningkat sebesar 0,51 persen dari target tahun 2020. Sementara proyeksi penerimaan Cukai tahun 2021 adalah sebesar Rp1,619 triliun, meningkat sebesar 7,38 persen dari target penerimaan bea masuk tahun 2020.   skr/sf

Pandemi ini tentunya sangat berpengaruh atas target yang telah ditentukan, namun saya melihat khususnya di Banten walaupun di situasi pandemi dengan target yang telah ditentukan pasti masih bisa dicapai. 

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)