Pertanian Harus Menjadi Magnet Lapangan Pekerjaan Bagi Generasi Muda

 
Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania. Foto: Arief/nvl

Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) untuk dapat menggodok program-program yang mampu menguatkan sektor pertanian di desa. Selain itu ia mengimbau agar Kementan dapat meningkatkan daya tarik sektor pertanian bagi generasi muda Indonesia, 

“Bagaimana agar pengambil kebijakan ini bisa memalingkan mata anak muda ke sektor ini,” ujar Yessy saat Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dengan Eselon I Kementan RI, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6). Hal tersebut berkaitan dengan target dari Kementan yang berupaya mendorong banyak petani di Indonesia untuk melek teknologi.

Ia berharap Kementan dapat berperan dalam menguatkan kesadaran generasi muda dengan menekankan semangat pertanian serta keberadaan desa sebagai leading sector tersebut. “Diharapkan generasi muda bisa mengadopsi ini. Sebab mereka merupakan kekuatan utama (sektor pertanian) di masa depan,” terang politisi Fraksi Partai NasDem itu. 

Dengan demikian, keberadaan penyuluh pertanian sangatlah penting untuk memuluskan target-target tersebut. Politisi dapil Kalimantan Barat II itu menyadari peran penyuluh akan mampu melahirkan petani yang modern dan adaptif, sehingga meningkatkan daya tarik generasi muda. 

Adapun dalam rapat tersebut, Yessy juga mengingatkan jajaran Eselon I Kementan agar realisasi berbagai program harus dapat dilaksanakan dengan baik.

Walau anggaran terbatas karena harus refocusing di tengah pandemi Covid-19, lembaga itu harus mampu melaksanakan programnya dengan lebih teliti, hati-hati dan implementatif di lapangan.   ah/sf

"Diharapkan generasi muda bisa mengadopsi ini. Sebab mereka merupakan kekuatan utama (sektor pertanian) di masa depan."

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)