Perlu Terobosan Pastikan Pasien Covid Peroleh Perawatan Memadai

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta pemerintah untuk membuat langkah konkret pada masa darurat Covid-19 ini. Menurut Puan, perlu ada terobosan-terobosan untuk memastikan masyarakat yang terpapar virus Corona memperoleh perawatan memadai. 

“Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat/lapangan, penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh,” kata Puan pernyataan tertulis kepada Parlementaria, Rabu (7/7).

 Puan menuturkan, dalam situasi darurat, dapat dipertimbangkan menambah kapasitas rumah sakit dengan cara mengaktifkan Kapal Rumah Sakit TNI Angkatan Laut atau KRI DR Suharso dan kapal-kapal Pelni yang dapat dimodifikasi menjadi RS kapal.

“Bangun rumah-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan bussiness as usual, kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan,” ujar Puan. Politisi PDI-Perjuangam itu juga melanjutkan, masalah terkait beredarnya hoaks yang membuat kepanikan di masyarakat juga harus ada juga pencegahannya. 

Berdasarkan monitoring dan pengawasan, kata Puan, penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi. Yakni ketersediaan ruang perawatan pasien, oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan, pelaksanaan PPKM Darurat, penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu dengan memperkuat komunikasi publik dan sosialisasi, sehingga masyarakat paham akan bahaya Covid-19.

“Harus ada terobosan untuk solusinya, mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali. Menambah kapasitas rawat dengat menggunakan kapal, hanggar, dan bangunan lainnya,” tandas Puan.  hal/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)