Peringati Hari Parlemen Indonesia, Ibas Berikan Pelatihan Keuangan Kepada ‘Emak-Emak’

Anggota Komisi VI DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat mengikuti pelatihan ‘Budgeting & Financial Planning’ dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia. Foto: IST/PDT 
Anggota Komisi VI DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat mengikuti pelatihan ‘Budgeting & Financial Planning’ dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia. Foto: IST/PDT

Anggota Komisi VI DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono menggelar pelatihan ‘Budgeting & Financial Planning’ dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Acara diikuti oleh 1.130 perempuan dari berbagai kalangan yang tergabung dalam Srikandi Demokrat.

Pelatihan yang digelar di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta ini mengambil tema ‘Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga’. Adapun tema tersebut diangkat sebagai bentuk awareness terhadap kondisi ekonomi saat ini. Mengingat, ancaman resesi dan dampak inflasi sudah mulai dirasakan masyarakat, salah satu dampaknya adalah kenaikan harga barang dan jasa.

“Hari Parlemen ini mengingatkan kita tentang peranan penting DPR RI sebagai pemersatu bangsa dalam bingkai NKRI. Sebab, melalui anggota dewan, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi mereka,” ujar Ibas, sapaan akrab Edhie Baskoro Yudhoyono dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Senin (17/10).

Ibas menyampaikan adanya ketidakpastian ekonomi yang mengancam juga perlu diantisipasi secara bijak, cermat, dan kolaboratif. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun SDM dan generasi muda yang kreatif, termasuk untuk mengelola keuangan dan menghasilkan kemandirian.

Lebih lanjut, tiga poin penting menurut Ibas dalam pengelolaan keuangan, yaitu memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, memahami dan menghitung seluruh pendapatan dan pengeluaran, serta memahami dan menyiapkan dana darurat serta jaga utang. Ibas juga mengingatkan pentingnya dana darurat sebagai sumber dana yang dapat digunakan dalam kondisi tidak terduga.

Terakhir, Ibas berharap, Pelatihan Budgeting & Financial Planning yang diadakan dapat mendorong naiknya partisipasi para perempuan hebat dalam parlemen. Mengutip peribahasa kuno dari negeri Tiongkok, Ibas mengatakan ‘the best time to plant a tree was 20 years ago. The second best time is now’. “So, start now and make it happen!” pungkasnya. •ann/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)