Pentingnya Narasi Destinasi Wisata yang Kuat Bagi Pariwisata di NTT

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung. Foto: EKI/NVL

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mendorong adanya narasi untuk setiap destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Berkaca pada tempat wisata luar negeri, narasi menjadi penting untuk meningkatkan daya tarik wisatawan agar mau berwisata.

“Kelebihan tempat-tempat wisata di luar negeri itu punya narasi. Bayangkan stonehenge di Inggris cuma batu bertumpuk-tumpuk itu yang datang luar biasa. Padahal kalau kita lihat biasa saja. Tapi mereka punya narasi bahwa itu warisan megalitikum katanya,” papar Martin dalam pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI dengan sejumlah mitra kerja Komisi VI DPR RI, di Labuan Bajo, NTT, Senin (8/10).

Politisi Partai NasDem itu mencontohkan destinasi wisata di Indonesia yang sudah memiliki narasi adalah Danau Toba di Sumatera Utara. Menurutnya, dunia sudah mengetahui histori bahwa Danau Toba itu terbentuk dari letusan Gunung Toba pada jutaan tahun silam.

“Jadi nanti kalau ada event-event besar yang Bapak buat, itu sebagai pemicu, nah narasi itu agar mereka kontinyu untuk mengunjungi tempat-tempat lainnya yang ada di sini. Kalau soal Komodo mungkin story-nya sudah ada, tapi semisal Pulau Padar dan lain sebagainya tolong itu dibuat narasinya,”ujar Martin. 

Selain itu, Martin juga menyoroti kinerja Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni). Berdasarkan paparan yang disampaikan oleh Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, Martin menilai Pelni masih belum dinamis. “Seperti kapal ternak. Itu ternyata dari periode lalu dan masih satu. Padahal sebenarnya banyak sekali itu potensinya dan sayangnya itu sudah diambil swasta,” terang Martin.

Martin meminta PT Pelni tidak terlalu kaku pada penyeberangan penumpang yang menjadi konvensional bisnis PT Pelni. Ia mendorong agar Pelni juga memperkuat pada bisnis kargonya. “Seperti ternak, sayur-mayur, itu kan banyak sekali dibutuhkan. Coba nanti didalami lagi seperti apa, kita sama-sama pelajari agar PT Pelni ini lebih dinamis dalam menyikapi dunia ekonomi sekarang,” pesan Martin kepada direksi Pelni. •eki/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)