Pemerintah Harus Perluas Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat

Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti (paling kiri) saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI ke Kota Surakarta, Jawa Tengah. Foto: Jaka/nvl

Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti berharap, agar pemerintah memperluas alokasi dan titik sebaran program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat serta program padat karya, yang dapat membantu ketahanan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Untuk mencapai hal itu, pemerintah harus mengupayakan percepatan pembangunan infrastruktur dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi nasional. 

“Untuk proyek sejumlah infrastruktur di Kota Surakarta progresnya sudah cukup bagus. Tapi saya juga berharap tidak hanya di Surakarta saja, daerah lain juga bisa jadi prioritas. Walaupun sekarang kondisi keuangan sedang seperti ini, tapi perencanaan ini bisa multiyears. Sehingga target dari pekerjaan pemerintah, pemkot atau kabupaten lainnya bisa tercapai,” kata Novita saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI di sejumlah pembangunan infrastruktur Kota Surakarta, Jawa Tengah, baru-baru ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Eddy Santana Putra mengusulkan, agar rancangan sejumlah proyek infrastruktur di Kota Surakarta ini disayembarakan. “Jadi dalam merancang proyek itu supaya lebih realisitis dan bagus. Karena peserta yang mengikuti juga biasanya dari para ahli-ahli. Jadi betul-betul mendapat desain yang terbaik, setelah dipilih 3 atau 5 besar, wali kota  tinggal memilih mana yang terbaik. Bahkan kalau perlu diumumkan ke warga agar mereka juga merasa dilibatkan,” terangnya. 

Wakil rakyat dari dapil Sumatera Selatan I ini mendukung infrastruktur yang akan dibangun di Surakarta. Dengan adanya perbaikan infrastruktur, Surakarta tetap menjadi kota yang nyaman, warganya bahagia, dan perekonomian cepat pulih. 

“Sejauh yang kami pantau dari empat titik lokasi tidak ada kendala berarti. Hanya saja, saya berharap agar dalam merancang harus secara total, sehingga pembangunan infrastruktur ini betul-betul bermanfaat untuk warga Kota Surakarta terutama dalam pemulihan ekonominya,” tutupnya. 

Diketahui, sejumlah proyek pemerintah pusat yang akan dibiayai oleh APBN di Kota Surakarta diantaranya, Jembatan layang (flyover) Purwosari, pengembangan Plaza Ngarsopuro, revitalisasi Taman Budaya Balekambang sebagai pusat kebudayaaan Surakarta, Rehabilitasi Kawasan Bendung Tirtonadi dan Bantuan Perumahan di Kelurahan Semanggi.  jk/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)