Pemerintah Harus Pastikan Diaspora Indonesia Mendapat Akses Vaksinasi

Tim Kunspek Komisi IX DPR RI dipimpin Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene meninjau penyimpanan vaksin di Gudang Bizpark Kopo, Jabar. Foto: Erlangga/jk

Anggota Komisi I DPR RI Rizki Aulia Rahman Natakusumah meminta Kementerian Luar Negeri dapat proaktif memastikan warga negara Indonesia yang berada di luar negeri (diaspora) bisa mendapatkan akses untuk vaksinasi Covid-19. Sebab diketahui dari tiga juta diaspora Indonesia yang tersebar di berbagai belahan dunia, 90 persennya terdiri dari tenaga kerja dan pelajar yang aktif melakukan kegiatannya.

Hal tersebut disampaikan Rizki dalam Rapat Kerja antara Komisi I DPR RI dengan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi beserta jajarannya di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/1). Menurutnya dengan diterbitkannya aturan international health regulation yang mengatakan bahwa vaksinasi suatu daerah merupakan kebijakan dari daerah, diaspora Indonesia harus dipastikan mendapat vaksin tersebut.

“Jadi yang menjadi concern saya adalah apakah tiga juta dari mengacu kepada data Kementerian Luar Negeri, warga negara Indonesia yang berada di luar negeri dimana 90 persen daripada mereka adalah tenaga kerja Indonesia dan juga pelajar akan mendapat akses yang sama terhadap vaksinasi tersebut. Saya kira menjadi tugas Kemlu memastikannya,” tutur Rizki.

Politisi Partai Demokrat tersebut mengatakan diplomasi maintenance aktif dari Kemlu akan memberikan rasa lega bagi para diaspora tersebut. Untuk itu Rizki berharap kepastian mendapatkan vaksin bagi WNI di luar negeri harus juga dimasukkan ke dalam roadmap pemerintah terhadap vaksinasi. Sebab ini merupakan satu bukti nyata kepedulian pemerintah terhadap rakyatnya.

“Apa saja upaya yang telah dilakukan dari Kemlu untuk memastikan warga negara kita di luar sana bisa mendapatkan akses kepada vaksinasi? Tentu ini menjadi tantangan untuk Pak Direktur Perlindungan WNI, Pak Yudha. Saya tahu beliau ini sangat pro aktif. Ini dimaksudkan untuk memberikan rasa lega kepada warga negara Indonesia terutama para TKI dan pelajar,” tandas legislator dapil Banten I itu.   er/sf 

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)