Pemerintah Diminta Fokus Penyelamatan Korban Bencana Alam

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. Foto: ENO/PDT
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. Foto: ENO/PDT

Sejumlah daerah diterjang bencana banjir dan longsor beberapa hari terakhir. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta pemerintah untuk fokus terhadap penyelamatan korban dan memberikan bantuan kepada warga terdampak bencana.

“Atas nama pribadi dan pimpinan DPR, saya mengucapkan dukacita yang mendalam untuk para korban yang meninggal dunia serta yang mengalami luka-luka akibat bencana banjir dan longsor di beberapa wilayah di tanah air,” kata Puan melalui rilis yang diterima Parlementaria, Selasa (18/10).

Sementara itu, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan terjadi rekor 76 bencana alam banjir hingga tanah longsor dalam sepekan terakhir. Tercatat total ada 13 orang meninggal dunia akibat bencana banjir hingga tanah longsor.

Adapun Beberapa wilayah yang diterpa banjir diantaranya Bogor, Bandung, Kabupaten Malang, Blitar, dan Banyuwangi, serta daerah luar Jawa seperti di Jembrana dan Karangasem, Bali. Longsor pun terjadi di Lombok, NTB. Banjir menyebabkan ratusan warga sempat terisolir di rumahnya.

Ada juga warga yang dilaporkan hilang akibat terseret arus banjir bandang. Infrastruktur seperti jalan dan jembatan dilaporkan rusak. “Pemerintah bersama stakeholder terkait, tim SAR harus fokus pada penyelamatan korban. Pastikan korban-korban yang hilang ditemukan,” tegasnya. Puan juga mengingatkan pemerintah, baik pusat maupun daerah, untuk segera menyalurkan bantuan kepada korban terdampak. •rnm/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)