Pariwisata Labuan Bajo Diharapkan Beri Kontribusi Sosial dan Ekonomi kepada Masyarakat

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Foto: SOFYAN/PDT 
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian. Foto: SOFYAN/PDT

Wisata bahari di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menjadi perhatian Komisi X DPR RI. Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, ada sejumlah permasalahan di Labuan Bajo yang perlu mendapat perhatian bersama. Semenjak isu kenaikan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo mencuat di tengah masyarakat, turut berdampak pada kedatangan wisatawan ke Labuan Bajo.

Demikian terungkap dalam pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI dengan Bupati Manggarai Barat, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf NTT, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manggarai Barat, Kepala Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF), Direksi PT Flobamor, sivitas akademika Universitas Nusa Cendana, dan Organisasi Kepariwisataan (PHRI, ASITA, GAHAWISTRI, AKPI, dan HPI), serta perwakilan Kementerian Pariwisata dan Eknomi Kreatif, di Labuan Bajo, NTT, Senin (12/9).

“Ada situasi (di Labuan Bajo) yang membutuhkan perhatian kita bersama. Kita mendengar banyak masukan dari berbagai stakeholder di Labuan Bajo, agar pariwisata bisa betulbetul memberikan kontribusi secara ekonomi maupun sosial kepada masyarakat lokal. (Lalu) bagaimana wisata bahari itu juga memberikan kesempatan dan peluang usaha bagi masyarakat lokal di darat. Dan terkait perizinan, maupun juga bagaimana konsumen bisa mengakses pelayanan, itu menjadi sesuatu yang membutuhkan perhatian kita bersama,” jelas Hetifah.

Politisi Partai Golkar tersebut menambahkan, permasalahan lain yang turut mengemuka dalam pertemuan adalah sinkronisasi kebijakan antar berbagai peraturan perundang-undangan, termasuk dengan regulasi otonomi daerah, serta peran pemerintah kabupaten/ kota, pemerintah provinsi, hingga pemerintah pusat menjadi sangat penting dalam isu pariwisata. Menurutnya, pemkab/ pemkot juga bisa mendapat peluang yang sama besarnya dengan pemprov. •sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)