Paripurna DPR Tetapkan Lodewijk Freidrich Paulus Sebagai Wakil Ketua DPR

Foto bersama Pimpinan DPR RI usai pengambilan sumpah jabatan oleh Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) dalam Rapat Paripurna DPR RI. Foto: Jaka/nvl

Rapat Paripurna DPR RI menetapkan Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) dari Fraksi Partai Golkar sisa masa jabatan 2019-2024. Penetapan tersebut sekaligus persetujuan pergantian M. Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri dari jabatan sebagai Pimpinan DPR RI. 

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyampaikan, Pimpinan Dewan telah menerima surat dari Dewan Partai Golkar Nomor B 663 Tanggal 28 September 2021 perihal persetujuan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pimpinan DPR RI dari Fraksi Partai Golkar sisa masa jabatan 2019-2024. 

“Sesuai dengan keputusan rapat konsultasi rapat Bamus tanggal 20 September, maka surat tersebut akan diagendakan rapat paripurna hari ini. Berdasarkan peraturan DPR RI Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib yang mengatur tata cara pemberhentian Pimpinan DPR karena mengundurkan diri dari jabatan Pimpinan DPR, maka perlu menetapkan pemberhentian saudara M. Azis Syamsuddin dari Jabatan Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam. Apakah dapat disetujui?” kata Puan saat memimpin Rapat Paripurna DPR RI di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9). 

Setelah mendapatkan persetujuan Anggota Dewan, upacara pelantikan dilanjutkan dengan pengucapan sumpah jabatan Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Wakil Ketua DPR RI dipandu Ketua Mahkamah Agung M Syarifuddin. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” ikrar Lodewijk. 

Pengambilan sumpah Lodewijk disaksikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, serta tiga Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel dan Abdul Muhaimin Iskandar. Puan berharap bergabungnya Lodewijk Paulus di Pimpinan DPR RI dapat memperkuat tugas-tugas konstitusional kedewanan. “Semoga dengan bergabungnya saudara Lodewijk akan memperkuat tugas konstitusional dewan,” harap politisi PDI-P itu.

Dalam kesempatan yang sama, Puan juga menyampaikan terima kasih kepada M. Azis Syamsuddin atas pengabdiannya saat menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI. “Kepada saudara M. Azis Syamsuddin kami sampaikan terima kasih atas pengabdiannya selama menjabat Wakil Ketua DPR RI,” pungkas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Dengan begitu, susunan susunan pimpinan DPR RI Masa Keanggotaan Tahun 2019-2024 menjadi sebagai berikut Ketua Dr. (H.C.) Puan Maharani (A-188) dari Fraksi PDI-P, Wakil Ketua Korpolkam Lodewijk F. Paulus (A-281) dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua Korekku Sufmi Dasco Ahmad (A-199) dari Fraksi Gerindra, Wakil Ketua Korinbang Rachmat Gobel (A-141) dari Fraksi NasDem, Wakil Ketua Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (A-44) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.  ann/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)