‘P20 Friendship Ride & Run’ Sebagai Semangat Sukseskan P20

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat mengikuti acara ‘P20 Friendship Ride & Run’. Foto: RUNI/NVL
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat mengikuti acara ‘P20 Friendship Ride & Run’. Foto: RUNI/NVL

DPR RI menyelenggarakan acara ‘P20 Friendship Ride & Run’ dalam rangka menyambut pelaksanaan Parliamentary Speakers’s Summit 20 (P20) yang merupakan bagian dari Indonesia sebagai keketuaan G20. Sesuai tajuk acara, kegiatan ini diisi dengan lomba lari sejauh 3 kilometer (km) dan 7,7 km serta sepeda santai dengan jarak 17,7 km.

Acara ini juga menjadi bagian dari semangat untuk menyukseskan P20 pada 5-7 Oktober 2022 mendatang. Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Gilang Dhielafararez dan Anggota DPR RI Kamrussamad, Sondang Tiar Debora Tampubolon, Rusda Mahmud, dan Harris Turino. Turut hadir, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono, Plt Deputi Bidang Persidangan Setjen DPR RI Suprihatini, beserta jajaran pejabat dan staf Setjen DPR RI.

“Pada hari ini, menyambut pelaksanaan kegiatan P20, acara ‘P20 Friendship Ride & Run’ hari ini menjadi bagian dari semangat untuk mensukseskan pertemuan P20 yang merupakan rangkaian G20 yang akan datang. Dimana kita berharap, masyarakat, Anggota DPR dan semua bisa mensosialisasikan terkait pentingnya acara ‘The 8th G20 Parliamentary Speaker’s Summit’ yang Insya Allah akan dilaksanakan pada 5 sampai 7 Oktober 2022 di Jakarta,” kata Gus Muhaimin dalam sambutannya di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Minggu (4/9). 

Dengan mengambil tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ P20 memiliki beberapa isu prioritas yang selaras dengan pembangunan yang berkelanjutan dan ekonomi hijau, juga tantangan yang terkini yaitu ketahanan pangan dan energi serta tantangan ekonomi. Kemudian beragendakan upaya parlemen, untuk secara efektif memperkuat demokrasi dan untuk tujuan inklusi sosial, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Isu-isu tersebut selaras dengan agenda dan pembahasan G20 yang mencakup tiga pilar dari pembangunan berkelanjutan yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Hadirin-hadirin sekalian, suksesnya pertemuan P20 pada Oktober nanti, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari agenda pemerintah beserta seluruh masyarakat Bangsa Indonesia untuk bisa mensukseskan Indonesia menjadi tuan rumah yang berhasil dalam pelaksanaan G20 dan P20. Oleh karena itu, saya berharap peran serta dari seluruh pihak untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan P20 dalam rangkaian kesuksesan G20,” pungkasnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut berharap acara P20 akan berjalan dan dapat membangun citra positif bagi bangsa Indonesia. Serta memberikan sumbangsih bagi Indonesia untuk me-recover keadaan, terutama mengatasi krisis ekonomi pasca Covid-19, dan juga ingin terus memperkokoh, memperkuat, kebijakan luar negeri yang bebas dan aktif bagi upaya penguatan demokrasi dan penghormatan hak asasi manusia. Kesuksesan pelaksanaan P20 nantinya juga dapat menjadi batu loncatan untuk Indonesia terus memperjuangkan berbagai kepentingan nasional pada level tingkat global. •gal/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)