Operasional PLTGU Muara Tawar Tak Boleh Terganggu 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke PT PJB PLTGU Muara Tawar. Foto: Eko/nvl

Sektor kelistrikan merupakan sektor yang strategis di Indonesia, kebutuhan pasokan listrik akan terus mengalami peningkatan beberapa tahun ke depan khususnya pada sistem Jawa-Bali. Latar belakang inilah yang membuat PT PLN (Persero) membangun pembangkit listrik, salah satunya adalah PLTGU Muara Tawar. 

Dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII PT PJB PLTGU Muara Tawar Bekasi yang dipimpin oleh wakil ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin, Komisi VII menemukan kendala operasional, yang diakibatkan pembangunan pulau reklamasi di Bekasi. Alex menegaskan agar operasional PLTGU Muara Tawar jangan sampai terganggu. Untuk itu, dia mengungkapkan akan memanggil Pemda Bekasi ke DPR RI agar bisa mendiskusikan dan mencari solusi bersama antara Komisi VII dan pemangku kepentingan.   

“Ada masalah pembangunan pulau reklamasi di Bekasi, pulau P dan V. Itu akan menggangu air laut untuk pendinginan, kita akan undang Pemda Bekasi dan juga pihak yang terkait, kita undang ke Senayan,” papar Alex usai memimpin peninjauan PLTGU Muara Tawar, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (17/6). 

Dalam kesempatan ini, Komisi VII juga meninjau secara langsung operasional PLTGU Muara Tawar dan melihat lebih dekat jaminan pasokan gas dari PGN ke PLTGU Muara Tawar. Selain itu, Komisi VII juga meminta penjelasan terkait proses pengangkutan gas ke lokasi PLTGU Muara Tawar, dan penjelasan harga jual gas ke PLTGU Muara Tawar hingga informasi kendala dan dukungan yang diperlukan. 

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menambahkan, Komisi VII juga menjaring aspirasi mitra terkait dan mendorong adanya sinergi di antara mitra-mitra tersebut untuk melaksanakan peran dan fungsinya dalam memaksimalkan potensi PLTGU Muara Tawar ini. PLTGU Jawa I Muara Tawar yang berlokasi di Kabupaten Bekasi ini merupakan salah satu bagian dari proyek percepatan pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW yang dicanangkan oleh pemerintah.

Kapasitas PLTGU Muara Tawar diketahui mencapai 1600 MegaWatt (MW). Pembangkit listrik Muara Tawar merupakan pemasok listrik saat beban puncak atau peaker ke dalam sistem kelistrikan Jawa-Bali. Diketahui pasokan gas PLTGU Muara Tawar saat ini berasal dari PT PGN (Persero) dengan penyerapan lebih dari 200 BBTUD (Billion British Thermal Unit Per Day).  eko/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)