Nurhayati Apresiasi Program Pendampingan Calon Pasutri di Kota Tangerang untuk Atasi Stunting

 
Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati. Foto: Hira/nvl

Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati mengapresiasi program pendampingan calon pasangan suami istri (pasutri) yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang. Menurutnya, itu adalah langkah preventif yang berpeluang berhasil dalam mengatasi stunting di Kota Tangerang. Berdasarkan data elektronik pencatatan laporan gizi berbasis masyarakat di Kota Tangerang pada tahun 2020, angka stunting pada balita di Kota Tangerang, tercatat di angka 9,65 persen. 

Angka tersebut berada di bawah ambang batas untuk stunting versi World Health Organization (WHO) sebesar 20 persen. “Pasutri yang yang akan menikah diberikan pelatihan atau pengetahuan mengenai gizi, mengenai mengandung, melahirkan itu saya apresiasi,” terang Nurhayati di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI ke Kota Tangerang, Banten, Selasa (30/11).

Dalam kesempatan yang sama, politisi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) itu juga menyoroti intervensi pemerintah Kota Tangerang dalam menangani stunting. Ia menilai, paparan yang disampaikan perlu penjelasan lebih mendalam karena kurang dijelaskan mengenai mekanisme dan teknis dalam penanganannya di masyarakat. 

Nurhayati melanjutkan, penanganan stunting dengan intervensi secara langsung menurutnya akan memberikan dampak yang lebih terasa. Selain itu, menurutnya, stunting ini tidak hanya dinilai dari aspek pertumbuhan anak, melainkan juga perkembangannya. 

“Apakah perkembangan kognitifnya perkembangan otaknya sesuai tidak dengan umurnya. Jadi itu juga bisa mengukur anak itu sudah cukup gizi atau tidak kita dikarenakan kita ketahui kalau anak tidak sehat anak kurang gizi kurang cerdas kurang bisa,” sambungnya.  hal/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)