Muhaimin Iskandar Ingin Rusia Jadi Motor Utama Lokomotif Perdamaian Tata Dunia Baru

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menerima kunjungan Dubes Rusia untuk Indonesia. Foto: Geraldi/nvl

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva. Kunjungan ini membahas perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina saat ini. Gus Muhaimin berharap Rusia segera menghentikan perang dan juga menjadi motor utama lokomotif perdamaian tata dunia baru. 

“Kita berharap banyak kepada Rusia untuk mempercepat keadaan ini, sehingga menjadi lebih damai. Kedua suasana ini mengingatkan kita untuk membangun tata dunia baru yang lebih aman, tidak ada ketegangan militer antar negara. Kita ingin Rusia menjadi motor utama lokomotif perdamaian tata dunia baru yang manusiawi, adil, demokratis, dan kemanusiaan,” katanya di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3). 

Gus Muhaimin menjelaskan, tata dunia baru yang diharapkan Rusia dan Indonesia merupakan dunia yang adil, tidak ada perang di wilayah Timur Tengah maupun Asia Selatan. Perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina ini dikhawatirkan memicu perang global, ia berharap Rusia segera menghentikan perang dengan cepat, sehingga tercipta dunia yang damai. 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini juga menyinggung rencana kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan diselenggarakan pada Oktober 2022 mendatang di Bali. “Bu Duta Besar (Rusia) menyatakan bahwa sampai hari ini ada kesiapan dan kesanggupan (Presiden Putin) untuk hadir di (KTT G20),” tutup legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII tersebut. •gal/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)