Manfaatkan Jejaring Diaspora untuk Ekspor, Komisi VI Apresiasi BNI Xpora

 
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima (kanan) saat meninjau produk UMKM binaan BNI Xpora. Foto: Sofyan/nvl

Komisi VI DPR RI mengapresiasi dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program BNI Xpora. Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima, jika UMKM melakukan ekspor itu sudah biasa. Namun kehadiran BNI, yang awalnya hanya memberikan akses permodalan, kini meningkat ke pembinaan kualitas produk UMKM. BNI Xpora telah melakukan satu langkah menarik pasca-pandemi Covid-19, dengan melakukan pembinaan terhadap kualitas produk dari pelaku UMKM ekspor. 

“Ini luar biasa. Ini saya yang terkaget-kaget, (BNI Xpora) memanfaatkan jejaring diaspora. Ini betul-betul meminimalkan cost untuk promotion, tapi juga membuka akses pasar dengan size ekonomi yang lebih luas. Karena diaspora kita luas, dan peran ini dimediasi BNI yang sebenarnya akses itu ada, tetapi (sebelumnya) tidak dimanfaatkan untuk jejaring pasar,” apresiasi Aria Bima saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI meninjau program BNI Xpora, di Kantor Xpora Solo, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (23/11). 

Politisi PDI-Perjuangan itu mengatakan, selain melakukan pembinaan produk UMKM, BNI Xpora juga melakukan komunikasi dengan jejaring diaspora Indonesia di berbagai negara, sehingga dapat mengetahui produk yang diminati oleh pasar di negara-negara diaspora itu berada. Aria Bima mengaku sebelumnya tidak pernah terpikir diaspora menjadi salah satu media untuk menyampaikan berbagai keunggulan produk kepada buyer-user di berbagai negara dengan teknologi BNI Xpora. Menurutnya BNI di tengah destruksi teknologi saat ini, mampu melakukan breakdown program dengan cara yang teknokratik.

 “Diaspora pasti ada taste. Diaspora tidak hanya melihat barang dari harga dan wujud fisiknya, diaspora akan lebih tahu roso-nya produk itu seperti apa. Saya kira membedakan katalog atau media sosial dan dengan apa yang dibawa oleh kawan-kawan diaspora, mereka bisa menyampaikan how to in the heart dan how in the mind produk-produk Indonesia yang tentunya akan memberikan kick back kepada kita, produk apa yang disukai masyarakat di mana kawan-kawan diaspora itu berada. BNI Xpora telah melakukan terobosan untuk masuk di dalam think global, dengan memberikan add local, mendukung bagaimana daerah ini tidak hanya meng-Indonesia, tapi juga mengglobal,” puji legislator dapil Jawa Tengah V itu.

Sebagai Pimpinan Komisi VI DPR RI, Aria Bima memastikan hasil kunjungan kerja spesifik yang luar biasa ini akan dibawa ke rapat kerja maupun rapat dengar pendapat dengan mitra kerja, sehingga berbagai BUMN lainnya juga dapat melakukan pilot project dukungan kepada UMKM. Bahkan menurutnya tidak hanya BUMN perbankan atau keuangan, tapi juga Pertamina atau Telkom, dapat menggunakan jejaring pasar ekspor.  sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)