Kunjungi Kampung Nelayan Kali Baru, Gus Muhaimin Serap Aspirasi Masyarakat

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar saat berpartisipasi dalam penilaian lomba memasak seafood oleh nelayan perempuan. Foto: Munchen/nvl

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengunjungi Kampung Nelayan Kali Baru di Cilincing, Jakarta Utara. Dalam kunjungan tersebut, Anggota Dewan yang akrab disapa Gus Muhaimin itu menyerap aspirasi dari masyarakat pesisir Jakarta dan berkomitmen memperjuangkan nasib masyarakat nelayan di Indonesia. 

“Saya bersyukur bisa bersilaturahmi dengan nelayan-nelayan di kampung ini. Dengan semangat tinggi saya akan turut memenuhi harapan dan memperjuangkan nasib nelayan di sini,” ujarnya saat berdialog dengan warga Kampung Nelayan Kali Baru, Jakarta Utara, Jumat (4/2). Untuk itu ia berpesan kepada pemerintah baik pusat dan daerah agar dapat turut memperhatikan nasib masyarakat nelayan. 

Dalam kesempatan itu, Gus Muhaimin mendengarkan aspirasi dari perwakilan masyarakat, Abdul Manan, nelayan yang sudah berusia 75 tahun. Beberapa harapan nelayan yang disampaikan nelayan, khususnya fasilitas tangkap ikan yang masih belum mencukupi, seperti kapal dan jaring penangkap yang hanya berbahan plastik. 

“Harapannya jala plastik bisa berganti dengan jala nilon yang bahannya lebih kuat, saya lihat di sini juga perlu bantuan berbagai fasilitas seperti fasilitas kesehatan,” ungkap Gus Muhaimin. Oleh karena itu, politisi PKB tersebut mengimbau agar Anggota Dewan dapil DKI Jakarta, khususnya area kampung tersebut, termasuk Anggota Dewan Fraksi PKB dapat mendorong pemerintah terkait untuk turun tangan. 

Usai mendengarkan aspirasi, kelompok nelayan Kali Baru tersebut menobatkan Gus Muhaimin sebagai ‘Bapak Nelayan Jakarta’ atas komitmen dan kepeduliannya terhadap masyarakat nelayan. Selain berkeliling ke rumah warga, bersama Ketua Dewan Pembina Perempuan Bangsa Rustini Muhaimin Iskandar, Gus Muhaimin menyambangi tempat perempuan pengupas kerang. 

Dalam kunjungan ini, Gus Muhaimin turut berpartisipasi dalam penilaian lomba memasak seafood oleh nelayan perempuan yang didampingi Perempuan Bangsa Jakarta Utara. Bersama dengan Wakil Ketua Persatuan Istri Anggota (PIA) DPR RI Rustini, Gus Muhaimin mengajak obrol peserta masak sembari menanyakan tentang keadaan keluarga nelayan. •ah/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)