Kota Batam Miliki Keunggulan Letak Geografis Guna Pacu Pertumbuhan Ekonomi

Anggota Komisi II DPR RI Subardi. Foto: Ridwan/nvl

Anggota Komisi II DPR RI Subardi menilai Kota Batam memiliki keunggulan letak geografis yang strategis guna memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Hal ini diperkuat dengan pengelolaan satu kepemimpinan Pulau Batam yang dijabat oleh Wali Kota Batam, baik dari sisi tata kelola administrasi pemerintahan daerah juga sebagai ex-officio Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam. 

“Nah ini kan keduanya (BP Batam dan Kota Administrasi Batam) punya fungsi yang beda, tetapi tujuannya sama. Yaitu, dalam rangka menjadikan kota batam kota industri, kota pariwisata, pertumbuhan ekonomi yang lebih maju daripada kota-kota lain. Karena letak geografisnya,” jelas Subardi saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI ke Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (21/2). 

Diketahui, Presiden Jokowi telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 62 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas PP Nomor 46 tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. PP tersebut menyudahi dualisme kepemimpinan dalam pengelolaan Kota Batam yang terjadi sebelumnya. Dengan adanya PP tersebut diatur bahwa Wali Kota Batam selain sebagai kepala pemerintahan daerah juga sebagai ex-officio Kepala BP Batam (Pasal 2A poin 1(a)). 

Di sisi lain, menurut Subardi, BP Batam miliki anggaran sendiri, baik yang berasal dari manajemen internal perusahaan maupun dari pemerintah pusat. Pemkot Batam pun memiliki anggaran, baik yang berasal dari pajak lokal di daerah tersebut dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun dari pemerintah pusat melalui perimbangan keuangan pusat dan daerah. Karena itu, melimpahnya anggaran tersebut seharusnya dapat memacu pertumbuhan ekonomi Kota Batam untuk lebih tinggi lagi. 

“Karena itu dari sisi legislasi, kami butuh melihat kebijakan ini dan berikan rekomendasi atau saran kepada pemerintah pusat agar mempercepat proses pertumbuhan ekonomi dari Batam ini, baik dari lembaga BP Batam maupun Pemkot Batam,” jelas Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI ini. •rdn/sf

Kota Batam memiliki keunggulan keunggulan letak geografis yang strategis guna memacu pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)