Komisi XI Tinjau Progres Pembangunan Sirkuit Mandalika

Tim Kunspek Komisi XI DPR RI meninjau Sirkuit Mandalika di NTB. Foto: Hanum/nvl

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu proyek yang mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari pemerintah pada tahun 2020 dan 2021. Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI meninjau langsung Sirkuit Mandalika guna melihat sejauh mana perkembangan dari pembangunan sirkuit yang akan digunakan untuk gelaran balap MotoGP pada tahun 2022 tersebut. 

“Kita (Komisi XI DPR RI) mau tahu kesiapannya bagaimana, perkembangannya sudah sejauhmana. Dari informasi yang kita dapat, yaitu pada tahun 2022 sudah akan dipakai untuk gelaran ajang MotoGP,” ungkap Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Amir Uskara saat memimpin Tim Kunspek Komisi XI DPR RI usai meninjau Sirkuit Mandalika di NTB, Jumat (28/5). Komisi XI DPR RI diterima oleh Managing Director The Mandalika beserta jajaran. 

Diketahui, presentase akumulatif pekerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika saat ini telah mencapai 70 persen, dimana pengaspalan lapis pertama disebut sudah mencapai 4,3 kilometer. Setelah pengaspalan lapis pertama selesai, maka akan dilanjutkan pengaspalan lapisan kedua, kemudian disusul dengan pengaspalan lapisan terakhir atau surface SMA yang sudah sesuai dengan standar homologasi dari FIA (Federasi Otomotif Internasional). 

“Kalau misalnya pembangunan Sirkuit Mandalika ini bisa tuntas sesuai dengan target yaitu di bulan Maret 2022, tentu kita (Komisi XI DPR RI) akan selalu support,” tuturnya. Lebih lanjut, Amir memastikan tidak ada permasalahan pembiayaan dalam pembangunan Sirkuit Mandalika ini. Namun di samping itu, Amir menegaskan, Komisi XI DPR RI akan terus mendukung pembangunan Sirkuit Mandalika terlebih jika dalam pembangunan terdapat kendala maupun dibutuhkan beberapa solusi. 

“Sepanjang tidak ada masalah di pembiayaan, saya kira tinggal bagaimana progres pembangunan di lapangannya,” ujar Amir. Di samping perkembangan pembangunan, dalam kesempatan itu politisi Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) itu juga menyoroti sektor pariwisata di NTB. Menurutnya, adanya perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada tahun 2022 mendatang, berpotensi untuk menarik wisatawan. 

“Kita berharap dengan selesainya Sirkuit Mandalika ini bisa menjadi salah satu model dalam rangka menarik wisatawan ke Indonesia. Setidaknya sekitar 200 ribu wisatawan luar negeri dapat mengunjungi Mandalika. Dimana hal ini tentu akan menggerakan perekonomian Indonesia melalui pariwisata,” harap legislator dapil Sulawesi Selatan I itu.  hnm/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)