Komisi XI Dorong BI, OJK dan Himbara Beri Akses Permodalan untuk UMKM di Sulsel

Foto bersama Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI dengan mitra kerja di Makassar. Foto: Aisyah/nvl

Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Yohan mendorong Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Himpunan Bank Milik (Himbara) seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN, untuk melakukan program-program yang mendukung masyarakat agar dapat mengakses permodalan dari perbankan, sehingga bisa mengembangkan UMKM.

“Banyak sekali saya kira kelompok-kelompok masyarakat yang punya usaha, tetapi mereka kesulitan di permodalan. Harapan kita dengan kehadiran Bank Indonesia, OJK, kemudian Bank-Bank Himbara ini bisa membantu masyarakat kita yang sedang berusaha mengembangkan usaha mereka agar mereka bisa mendapatkan modal yang aman,” harap Yohan, saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR RI ke Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (3/12). 

Lebih lanjut, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menegaskan masyarakat harus memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan kapasitas usaha mereka dengan pembinaan di era digitalisasi. “Kalau pelaku-pelaku usaha tidak dekat dengan (digitalisasi) itu, saya kira nanti mereka juga kesulitan. Begitu juga mereka perlu diarahkan bagaimana produk-produk mereka ini sampai ke pasar dengan tepat sehingga ini bisa membantu mereka,” ujar Yohan. 

Selain itu, jelas legislator dapil Nusa Tenggara Timur I tersebut, banyak masyarakat yang ingin mengembangkan usaha, tetapi tidak memiliki informasi yang cukup, sehingga mereka berspekulasi bahwa bank menakutkan. Sehingga, banyak masyarakat yang datang ke rentenir dengan iming-iming pengurusannya mudah dan cepat.  ais/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)