Komisi X Pastikan Kota Cirebon Dapatkan Pojok Baca Digital Tahun 2021

Tim Kunspek Komisi X DPR RI dipimpin Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menyalurkan Pojok Baca Digital kepada Pemkot Cirebon. Foto: Eno/jk

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih memastikan Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, pada tahun 2021 ini akan mendapatkan Pojok Baca Digital dan per tanggal 22 Januari 2021 koleksi bukunya juga sudah ditambah sebanyak 500 judul buku. Menurutnya hal ini menjadi dukungan transformasi dari buku konvensional ke paperless atau e-book yang saat ini sedang berlangsung di Kota Cirebon.

“Mereka sudah berusaha juga, sudah dicek lewat aplikasi Krisna dan Kota Cirebon termasuk yang nanti akan dapat Pojok Baca Digital, sehingga Kunspek (Kunjungan Kerja Spesifik) kali ini sangat bermanfaat,” ungkap Fikri saat memimpin pertemuan Tim Kunspek Komisi X DPR RI dengan jajaran Pemerintah Kota Cirebon, di Kantor Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/1).

Dalam pertemuan itu turut terungkap hasil survei Perpustakaan Nasional terhadap tingkat literasi masyarakat Kota Cirebon yang belum menggembirakan, yaitu masih di angka 53 persen. Menurut politisi PKS itu, untuk mendongkrak literasi tingkat nasional agar tidak semakin terpuruk, literasi di tingkat kota/kabupaten juga harus naik. Namun di saat pandemi seperti saat ini, muncul kendala untuk mendatangi perpustakaan, sehingga banyak masyarakat yang sudah beralih ke internet, digital, internet, e-book dan seterusnya.

“Ternyata sudah direspon oleh pegiat literasi di (Cirebon) sini, luar biasa, bahkan ada ikon seperti Kapten Literasi dan sebagainya yang dapat membangkitkan kegemaran membaca, keluhan mereka kita dengar dan kebetulan inilah fungsinya Kunjungan Spesifik seperti sekarang ini, menghubungkan antara pemerintah pusat dan daerah ada problematika apa, bottleneck apa, apakah program bisa jalan atau tidak, dan ternyata di sini klop, yang dibutuhkan di sini adalah Pojok Baca Digital, dan ternyata ada skema itu,” ujar Fikri.

Dalam kesempatan itu, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati kepada Tim Kunspek Komisi X DPR RI menyampaikan bahwa perpustakaan tetaplah elemen terpenting dalam upaya mendukung penyediaan sumber informasi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Eti Herawati menjelaskan peran penting dari perpustakaan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas SDM, juga mensyaratkan adanya pengelolaan perpustakaan umum kota, kelurahan, perpustakaan umum komunitas, dan perpustakaan masyarakat yang profesional.  eno/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)