Komisi X Dorong Peningkatan Jumlah Penerima PIP di Serdang Bedagai

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti memimpin Tim Kunker Komisi X DPR RI meninjau kegiatan belajar mengajar di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Foto: Puntho/Man

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi (Kemendikbudristek) melalui Disdikbud Kabupaten Serdang Bedagai untuk meningkatkan bantuan jumlah penerima Program Indonesia Pintar (PIP) usia SD hingga SMA, serta Kartu Indonesia Pintar (PIP) bagi mahasiswa terutama dari keluarga kurang mampu. 

Hal ini disampaikan Agustina usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR RI dengan Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya beserta jajaran dan stakeholder lainnya di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (8/10). Dampak pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang tua yang mengalami ketidakmampuan untuk membeli kebutuhan sekolah dan kuliah anak-anaknya. 

“Komisi X DPR menilai jumlah penerima PIP bagi 21.000 siswa yang ada di Serdang Bedagai dirasakan masih kurang. Terlebih, dampak pandemi ini adalah mengakibatkan banyak orang tua yang tidak memiliki kemampuan untuk membeli kebutuhan sekolah seperti seragam sekolah. Maka, Komisi X DPR mendorong pemerintah untuk meningkatkan PIP dari tingkat SD sampai SMA serta KIP Kuliah untuk jenjang perguruan tinggi,” ujar Agustina lebih lanjut. 

Politisi PDI-Perjuangan ini mengingatkan pemerintah untuk memperhatikan kesiapan anak-anak didik dalam memulai kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Pemerintah harus secara bertahap memulai PTM dari skala terkecil dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Agar tercipta learning by doing yang menyangkut masa depan anak didik. 

Di sisi lain berkaitan dengan aspirasi Kadis Pendidikan Serdang Bedagai tentang perbaikan sekolah, Agustina menyatakan Komisi X DPR RI akan segera melakukan pembahasan lanjutan bersama Kemendikbudristek untuk mengupayakan perbaikan serta peninjauan langsung ke sekolah-sekolah yang dalam kondisi rusak. Selain itu, Komisi X juga mendukung peningkatan fasilitas olahraga setempat. 

“Tuntutan peningkatan fasilitas serta sarana dan prasarana olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat kesemuanya sama.  Maka, DPR mengusulkan alokasi 2 persen APBN untuk dana abadi olahraga. Hal itu akan diselesaikan di masa sidang terdekat,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Kadisdik Serdang Bedagai menyampaikan 502 bangunan SD mengalami rusak berat sedangkan SMP sebanyak 664 unit bangunan. Sementara itu, Kadispora Serdang Bedagai menyampaikan aspirasi tentang peningkatan fasilitas serta sarana dan prasarana olahraga Serdang Bedagai.  pun/es

"Dampak pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang tua yang mengalami ketidakmampuan untuk membeli kebutuhan sekolah dan kuliah anaknya"

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)