Komisi X Apresiasi Program MBKM Tingkatkan Mutu Pendidikan

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti. Foto: Tiara/Man

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mengapresiasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang mampu meningkatkan mutu dan relevansi perguruan tinggi agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa. Program MBKM merupakan kebijakan Mendikbudristek yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. 

“Program MBKM ini luar biasa bagus, kita semakin menjadi paham dan semakin tahu dengan detil bahwa kebijakan dari Kemendikbudristek ini bagus, dari mulai niatnya, tujuannya, dan bagus juga untuk mahasiswa serta Perguruan Tingginya,” jelas Agustina usai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Panja MBKM Komisi X DPR RI ke Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Jawa Tengah, Jumat (12/11). 

Dirinya melihat, program MBKM ini memberikan kesempatan dan ruang yang seluas-seluasnya bagi peserta didik untuk menghadapi dunia luar. Namun di sisi lain, ia menyoroti pentingnya dilakukan sosialisasi yang masif terhadap program MBKM, agar nantinya tidak menimbulkan kebingungan bagi peserta didik.  

“Tentu regulasi yang disiapkan harus sangat teknis karena ini berkaitan antara perguruan tinggi, mahasiswa, akademisi, dan juga penyelenggara pendidikan. Nah ini ke depan harus diselesaikan dan saya kira dari Kemendikbudristek sudah luar biasa menerima seluruh masukan yang ada dan mudah-mudahan dalam waktu dekat segala sesuatunya bisa disesuaikan dengan baik, guna memaksimalkan fungsi dari MBKM,” optimis Anggota Fraksi PDI-Perjuangan DPR RI tersebut.  tra/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)