Komisi X Apresiasi Gedung Baru Perpustakaan Daerah Kendal

 
Tim Kunker Reses Komisi X DPR RI meninjau gedung baru Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kendal. Foto: OJI/NVL

Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian meninjau gedung baru Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (15/7). Gedung yang berlokasi di Karangsari, Kabupaten Kendal ini belum lama diresmikan oleh Bupati Kendal. 

“Saya mengapresiasi keberadaan gedung baru Perpusda Kendal. Dengan dikembangkannya fasilitas dan tempat di Perpusda Kendal ini, saya berharap literasi masyarakat dalam membaca buku terus meningkat. Dengan demikian, tentu dengan berkembangnya Perpusda itu akan bisa menunjang pendidikan yang ada di Kendal,” ungkap Hetifah.  

Usai mengunjungi dan melihat langsung kondisi gedung baru Perpusda Kendal, politisi Partai Golkar ini menginginkan agar gedung baru tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat untuk membaca buku, namun Perpusda juga bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan potensi-potensi masyarakat lainnya. 

“Saya berharap, selain berfungsi sebagai perpustakaan, gedung baru ini juga bisa mentransfer atau dijadikan tempat untuk menfasilitasi masyarakat untuk mengembangkan pendidikan atau berbagai kegiatan-kegiatan lainnya yang bisa menunjang pendidikan di Kendal,” ungkap legislator daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Timur tersebut. 

Menurut Hetifah, saat ini minat baca masyarakat Kendal tinggi dan terus meningkat. Jadi untuk lebih mengembangkan Perpusda tersebut, Pemda Kendal harus bisa memberikan semangat dan fasilitas yang lebih baik lagi ke masyarakat, misalnya tidak hanya menyediakan bahan- bahan bacaan fisik saja, namun juga harus menyediakan bacaan-bacaan secara digital. “Selain itu, juga harus bisa menciptakan insiatif yang bisa dikaitkan dengan literasi itu sendiri seperti, pariwisata olahraga dan lain sebagainya,” tandas Hetifah. 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kendal, Muhammad Yusuf Ariyanto mengatakan pembangunan gedung Perpusda Kendal senilai Rp10 miliar dari DAK Bidang Pendidikan tahun 2021 itu, pada tahun 2022 ini akan mulai pengisian pengadaan, baik untuk interior maupun eksterior. •oji/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)