Komisi VIII Pantau Persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah

 
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI meninjau UPT Asrama Haji Banjarmasin. Foto: Azka/nvl

Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan jemaah asal Indonesia untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah di Tanah Suci. Untuk memastikan kesiapan daerah dalam penyelenggaraan ibadah umrah yang akan dibuka pada akhir tahun ini dan persiapan haji pada tahun depan, Komisi VIII DPR RI meninjau UPT Asrama Haji Banjarmasin. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengatakan, pemberangkatan seluruh jemaah haji dan umrah harus terpusat melalui asrama haji, agar seluruh jemaah bisa dikontrol dengan baik. 

“Ini tahap sosialisasi kepada seluruh UPT asrama haji agar mereka berbenah. Pembenahan itu terkait dengan hal yang dilakukan nanti kepada seluruh jemaah haji dan umrah bahwa ada beberapa hal yang harus dilaksanakan seperti melaksanakan tes PCR, isolasi dan persiapan kesiapan pemberangkatan di masa pandemi Covid-19,” ucap Marwan saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI meninjau UPT Asrama Haji Banjarmasin, Kalsel, Rabu (3/11). 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut berharap agar Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Saudi segera merampungkan kesepakatan pelaksanaan ibadah haji dan umrah, sehingga bisa mengobati kerinduan umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah ke Tanah Suci. Marwan juga menyampaikan Panitia Kerja (Panja) yang dibentuk Kementerian Agama untuk segera dibentuk, mengingat banyak hal yang perlu dibahas dalam Panja Haji dan Umrah di masa pandemi Covid-19, agar tidak terjadi kendala di saat pelaksanaannya.

“Rencana pembukaan ibadah haji dan umrah kali ini betul-betul berbeda, karena kita harus melaksanakan beberapa rangkaian tambahan kepada seluruh jemaah. Maka dari itu, Panja harus segera dibentuk. Yang biasanya dibentuk pada bulan Januari, kali ini untuk dimajukan di bulan Desember karena banyak hal-hal teknis yang harus dibicarakan terkait kesiapan pemerintah pembukaan ibadah haji dan umrah,” pungkas legislator dapil Sumatera Utara II tersebut.  azk/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)