Komisi VIII: IAKN Manado Miliki Peran Strategis

Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI ke IAKN Manado, di Manado, Sulawesi Utara. Foto: Husen/Man

Sebagai perguruan tinggi keagamaan, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado memiliki peran strategis dalam mencerdaskan bangsa dan menjaga kerukunan beragama. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengimbau IAKN Manado meningkatkan kapasitasnya untuk menyambut kebutuhan masa depan. 

“Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi Kristen, IAKN Manado memiliki posisi yang sangat penting dan strategis dalam keikutsertaan mencerdaskan bangsa dan negara,” kata Marwan saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI menggelar pertemuan dengan para sivitas akademika IAKN Manado, di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (8/10). 

Sementara peningkatan kapasitas itu di antaranya peningkatan sarana prasarana, peningkatan kemampuan dosen dan tenaga kependidikan, dan peningkatan fasilitas pendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi lainnya. Dari kampus ini diharapakan lahir oara akademisi yang mampu menjawab tantangan. 

“Diharapkan IAKN Manado selalu menghasilkan produk-produk akademis yang mampu menjawab tantangan dan perubahan masyarakat sebagai akibat dampak modernisasi, globalisasi, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tutur Marwan.

Lulusannya juga diharapkan mampu meningkatkan peran dan kontribusi sebagai stabilisator perkembangan zaman, terutama mengatasi dampak kemajuan zaman dalam skala regional maupun nasional. 

“Kami Komisi VIII DPR RI senantiasa memberikan dukungan bagi pertumbuhan dan perkembangan seluruh perguruan tinggi keagamaan negeri, baik melalui dukungan anggaran dan dukungan lainnya. Kami berharap rektor dan seluruh sivitas akademika terus memiliki komitmen tinggi untuk peningkatan penyelenggaraan pendidikan tinggi keagamaan di lingkungan Kementerian Agama dan melakukan tata kelola yang baik serta akuntabel,” seru politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.  mh/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)