Komisi VIII Dorong Pemkab Pandeglang Lakukan Grand Design Mitigasi Bencana

 
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. Foto: Novel/nvl

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily mendorong kepada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk melakukan grand design mitigasi bencana mengingat wilayah tersebut sangat rawan akan bencana alam. Diketahui sebelumnya, terjadi gempa bumi pada 14 Januari lalu, serta tsunami juga pernah menerjang kabupaten ini pada tahun 2018 silam.

Salah satu solusinya adalah Pandeglang segera melakukan grand design untuk menetapkan tata ruang dan pemukiman. Bupati harus mulai melakukan grand design menata kembali tata ruang dan pemukiman seperti pemukiman yang berada di pesisir dan masuk dalam zona merah.” tutur Ace saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI ke Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (21/1).

Lebih lanjut, politisi Partai Golkar ini menyarankan kepada Pemkab Pandeglang untuk dapat melibatkan para ahli dan akademisi dalam menyusun grand design mitigasi, agar hal tersebut bisa meminimalisir dampak jika terjadi bencana yang dapat menimbulkan kerugian baik materil maupun jika ada korban jiwa.

Selain itu, Ace juga mengatakan bahwa Komisi VIII DPR RI akan terus melakukan monitoring dan perkembangan penanganan bencana di Kabupaten Pandeglang. “Kami terus berkomunikasi dengan Kementerian Sosial dan BNPB bagaimana perkembangan penanganan pasca bencana gempa bumi di Kabupaten Pandeglang secara intensif,” pungkas legislator dapil Jawa Barat II tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Komisi VIII DPR RI dan Kemensos menyerahkan bantuan sembako 500 paket serta bantuan lumbung sosial dalam rangka penanganan korban bencana alam di Pandeglang yang diterima langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita. Kemudian, Komisi VIII DPR RI bersama BNPB juga ikut memberikan dukungan berupa masker KF94, selimut, hand sanitizer, disinfektan, dan sabun batang. •nvl/sf

Bupati Pandeglang harus mulai melakukan grand design menata kembali tata ruang dan pemukiman yang berada di pesisir dan masuk dalam zona merah bencana.

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)