Komisi VII Upayakan Masyarakat Bangkalan Rasakan Manfaat dari Eksplorasi Migas

Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Hariyadi. Foto: RIa/Man

Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi menyatakan sebagai representasi masyarakat, DPR RI tidak akan menutup telinga ketika mengetahui ada daerah penghasil minyak dan gas, salah satunya Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, namun masyarakatnya sendiri tidak menerima manfaat.  

“Hari ini kami mencoba melakukan mediasi atas aspirasi dari masyarakat Bangkalan terkait pengelolaan gas oleh PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) yang manfaatnya belum dirasakan masyarakat sekitar,” ungkap Haryadi usai memimpin pertemuan Komisi VII DPR RI dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bangkalan dan perwakilan PT Pertamina di Kantor Bupati Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (16/11).  

Untuk itu, pihaknya minta Bupati Bangkalan untuk menyampaikan usulan pemasangan jaringan gas ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Kami akan berusahan semaksimal mungkin agar jaringan gas yang merupakan program strategis nasional dapat teralisasi untuk kesejahteraan masyarakat Bangkalan,” tutur politisi Partai Gerindra itu.  

Sebelumnya Direktur BUMD Bangkalan Fauzan Jakfar menyatakan eksplorasi minyak dan gas bumi di wilayah Kabupaten Bangkalan oleh PT Pertamina PHE WMO tidak memberi kesejahteraan pada masyarakat bangkalan. “Bangkalan merupakan salah satu wilayah penghasil minyak dan gas. Namun, sampai saat ini nilai manfaatnya belum dirasakan secara langsung oleh masyarakat Bangkalan,” ungkap Fauzan.  rnm/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)