Komisi VII Apresiasi Capaian Sukses Produk Kutus-Kutus Tembus Pasar Internasional

Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto saat meninjau Pabrik Minyak Kutus-Kutus.

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI yang dipimpin Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengapresiasi capaian sukses produk herbal Kutus-Kutus hasil produksi PT Tamba Waras yang mampu bersaing dengan produk herbal sejenis hingga berhasil menembus pasar domestik, bahkan pasar internasional. 

“Kutus-Kutus adalah produk herbal yang memiliki banyak khasiat. Ini sebuah fenomena luar biasa. Kutus-Kutus mampu menembus pasar seluruh Indonesia dengan jumlah reseller-nya lebih dari 5000 dan sudah ke mancanegara,” kata Sugeng saat memimpin Komisi VII DPR RI meninjau Pabrik Minyak Kutus-Kutus di Gianyar, Bali, Kamis (27/1). 

Sugeng mengungkapkan, semua bahan baku yang digunakan dalam produk Kutus-Kutus adalah jenis herbal. Bahan baku herbal yang digunakan juga dibeli secara langsung dari masyarakat dengan kualitas yang terkontrol.

“Pada intinya mereka ingin pemerintah atau negara hadir menertibkan bagi yang mereka melanggar aturan yang berlaku, sedangkan bagi yang tidak melanggar dan patuh pada peraturan yang ada biarkanlah berkembang,” tuturnya.

Sugeng berharap, produk-produk seperti ini yang dimulai dari kearifan lokal dan ada sentuhan-sentuhan emosionalnya bisa terus berkembang dan terbangun kreativitasnya. “Silakan gali kreativitas-kreativitas yang berdimensi kearifan lokal semacam itu, toh nanti ada standar standarnya yang secara kasat mata dan di rasa itu tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah VIII itu. •dep/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)