Komisi VI Minta Pembangunan SRG Disesuaikan dengan Tempatnya

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Heri Purnama. Foto: Fitri/nvl

Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Heri Purnama menyoroti banyaknya pembangunan Sistem Resi Gudang (SRG) yang tidak disesuaikan dengan tempatnya. Hal tersebut berdampak pada kurang optimalnya fungsi dari SRG itu sendiri. Ia mencontohkan kasus yang terjadi pada SRG di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan. Kondisi infrastruktur di wilayah tersebut menurutnya memerlukan perhatian dari pemerintah. Seperti kondisi jalan menuju fasilitas SRG yang tidak layak untuk dilewati. 

Terlebih usai terdampak banjir yang turut menyebabkan komoditas pangan di SRG wilayah itu mengalami kerusakan. “Karena banyak gudang daerah Batola, di situ fungsinya kurang karena jalan menuju gudang itu tidak layak untuk dilewati apalagi daerah situ kemarin habis kena banjir,” jelas Bambang saat mengikuti agenda kunjungan kerja reses Komisi VI DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (21/2). 

Pada kunjungan tersebut, politisi Partai Golkar itu menekankan, seharusnya penyesuaian tempat pembangunan fasilitas SRG menjadi perhatian serius. Tak hanya soal tempat, perawatan dari SRG ini juga harus mendapat perhatian yang sama. Terlebih, lahan yang digunakan merupakan hibah dari masyarakat. “(Lahan) itu hibah dari masyarakat, seharusnya ada tindak lanjut kerja sama dengan pemerintah daerah,” jelas Bambang Heri. 

Agar SRG dapat berfungsi maksimal, ia menyebut Komisi VI DPR akan memberikan dukungan. “Sesuai dengan laporan nanti kita akan membantu lah, mungkin seperti anggaran atau gimana, tapi dia (pemangku kepentingan) harus meyakinkan Komisi VI DPR juga,” tandas legislator dapil Kalsel I tersebut. •srw/sf

Lahan itu Hibah dari Masyarakat, harus ada tindaklanjut kerjasama dengan Pemerintah Daerah.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)