Komisi VI Harap Kinerja PT PI Utilitas Lebih Optimal

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Y Manurung memimpin Komisi VI DPR RI meninjau PT PI Utilitas. Foto: BIA/PDT
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Y Manurung memimpin Komisi VI DPR RI meninjau PT PI Utilitas. Foto: BIA/PDT

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Y Manurung menyoroti kinerja PT Pupuk Indonesia Utilitas (PI Utilitas) yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia. Menurutnya meski perusahaan yang menyupai energi ke anak perusahaan lain di bawah PT PI tersebut secara kinerja keuangan menghasilkan laba, namun ia menilai masih banyak hal yang harus dioptimalkan utamanya menyikapi dinamika bisnis yang terjadi saat ini. 

“Hari ini melihat bahwa salah satu anak usaha PT Pupuk yaitu PT Pupuk Indonesia Utilitas memproduksi energi dan juga gas, untuk khususnya ke Petrokimia Gresik dan juga Pupuk Kaltim. Kami juga menyoroti bahwa terkait kinerja perusahaan, walaupun memang laba, tapi masih banyak yang perlu dioptimalkan dan juga ke depan untuk menyikapi dinamika bisnis dan juga global,” kata Martin usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT PI Utilitas di Gresik, Kamis (15/9).  

Untuk mengoptimalkan kinerja tersebut, menurut Martin, PT PI Utilitas perlu melakukan diversifikasi usaha dan memperluas jangkauan usahanya. Sehingga nantinya tidak hanya menyuplai energi kepada anak perusahaan naungan PT PI saja. “Pupuk Indonesia Utilitas ini harus bisa melakukan diversifikasi usaha, supaya juga bisa memperluas layanannya, karena selama ini mereka hanya menyuplai energi dan juga gas ke internal Pupuk Indonesia sendiri, jadi kita menginginkan ke depan agar Pupuk Indonesia Utilitas ini punya scope bisnis yang lebih luas dan lebih menguntungkan,” imbuh politisi Partai NasDem itu. •bia/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)