Komisi V Pantau Progres Pembangunan Stasiun dan Rel Ganda Rancaekek

 
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras saat memimpin Tim Kunspek Komisi V DPR RI meninjau langsung progres pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek, Bandung. Foto: Singgih/nvl

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau secara langsung progres pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek, Bandung, Jawa Barat, yang nantinya berfungsi sebagai prasarana penunjang mobilitas angkutan penumpang dan barang. 

Andi Iwan mengatakan, kereta api saat ini merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat sebagai angkutan umum yang terjangkau dan aman. Oleh karena itu diperlukan dukungan prasarana yang memadai dan peningkatan mutu pelayanan perkeretaapian yang optimal dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan transportasi kereta api. 

“Komisi V DPR RI mendukung pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan, meningkatkan kapasitas lintas, meminimalisir biaya angkutan barang dan distribusi logistik, dan mengurangi beban kepadatan lalu lintas di jalan raya yang dapat berdampak pada meningkatnya produktivitas masyarakat,” kata Andi Iwan di sela-sela peninjauan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/2). 

Dikatakan politisi Partai Gerindra tersebut, melalui kunjungan kerja spesifik ini, Komisi V DPR RI ingin melihat dan mendengarkan secara langsung progres pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek, serta menginventarisir permasalahan pada pembangunan ini untuk ditindaklanjuti. 

Ia menambahkan, Komisi V DPR RI juga meminta kepada Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan para stakeholder untuk memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan sebagai indikator utama dalam mempersiapkan sarana dan prasarana perkeretaapian yang memadai, sehingga masyarakat mendapatkan transportasi yang lancar, aman, dan nyaman. 

“Dengan meningkatnya sarana dan prasarana perkeretaapian, diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan kereta api. Kita juga mengharapkan dengan adanya pembangunan stasiun dan rel ganda di stasiun Rancaekek ini dapat memberikan daya dorong bagi pertumbuhan ekonomi dan potensi daerah, yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” ujar Andi Iwan. •skr/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)