Komisi V Dukung Keberlanjutan Program Pembangunan Long Storage di Sidoarjo

 
Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo di sela-sela peninjauan long storage Sidoarjo. Foto: Dipa/nvl

Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI mengunjungi Long Storage, yang terletak di Desa Kalimati, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Dalam tinjauan tersebut, Anggota Komisi V DPR RI Sigit Sosiantomo mengapresiasi adanya wadah, serta sarana baru yang dapat berpotensi dan bermanfaat kedepannya bagi masyarakat sekitar. 

“Saya ingin apresiasi proyek ini, dimana proyek ini sebetulnya sudah lama dikerjakan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Kita bisa lihat adanya manfaat, peluang dan potensi ke depannya, yaitu sebagai wadah penyediaan air baku, di antaranya bisa untuk olahraga, wisata dan sebagainya,” pungkas Sigit di sela-sela peninjauan Komisi V DPR RI di Desa Kalimati, Sidoarjo, Jatim, Senin (21/2). 

Sejak dimulai pembangunannya di tahun 2017 lalu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini melihat akan adanya pertumbuhan ekonomi baru di Sidoarjo ke depannya. Hal ini sekaligus mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Sidoarjo. Pasalnya keberadaan Long Storage Kalimati sangat penting dalam menunjang terpenuhinya air baku bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto. 

“Ini merupakan peluang besar, yang sekaligus bisa menjadi PAD baru bagi daerah. Jadi program-program seperti yang diinisiasi oleh teman-teman Kementerian PUPR, seperti sumber daya air, ternyata berdampak signifikan dan langsung. Kita tinggal diskusikan, aturan-aturan seperti apa yang dapat dibuat nantinya,” tutur Sigit. 

Kedatangan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi V DPR RI disambut baik oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor, dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko beserta jajaran. Melihat antusias yang luar biasa, Sigit yang merupakan legislator daerah pemilihan (dapil) Jatim I akan terus mendukung dan memantau hingga proyek ini selesai. 

“Walaupun (proyek) belum 100 persen rampung, kita berharap akan lebih baik lagi ke depannya. Saya sekali lagi terima kasih, baik kepada Pak Dirjen maupun Pak Bupati, karena telah bekerjasama membersihkan dan merawat lahan ini. Saya kira kalau kabupaten kolaborasi dengan kementerian hasilnya ini bagus sekali,” yakin Sigit. •dip/sf

Dari proyek ini bisa dilihat ada manfaat, peluang dan potensi ke depannya. Yaitu sebagai wadah penyediaan air baku.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)