Komisi V Awasi Revitalisasi Terminal Pakupatan

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw saat memimpin Kunspek Komisi V DPR RI ke Terminal Pakupatan. Foto: ARIEF/NVL 
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw saat memimpin Kunspek Komisi V DPR RI ke Terminal Pakupatan. Foto: ARIEF/NVL

Terminal dengan fungsi utama sebagai penyelenggaraan transportasi, tidak hanya sebagai tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang. Tetapi juga sebagai tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian sistem arus angkutan penumpang dan barang demi melancarkan arus perpindahan angkutan. 

Oleh karena itu, pada kesempatan Kunjungan Kerja Spesifik di Terminal Pakupatan, Komisi V DPR RI ingin mendapatkan penjelasan yang detail dari Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan terkait kegiatan revitalisasi Terminal Pakupatan yang sedang dibangun sekarang.

“Kehadiran Komisi V di kota Serang ingin melihat bagaimana progres pembangunan revitalisasi terminal pakupahan terminal tipe A yang paling tinggi, diharapkan kehadiran terminal ini kalau kita lihat desain dan jadinya seperti apa maka menurut saya ini bisa menjadi suatu ikon untuk kota Serang dan ini juga menjadi contoh untuk terminal daerah lain,” papar Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw di Serang, Banten, Jumat (26/8).

Roberth menjelaskan penyelesaian Terminal Tipe A Pakupatan ini selesai pada Desember 2022, atau paling lambat Januari 2023 sudah bisa beroperasional. Ia melanjutkan, kementerian perhubungan juga harus mengawasi supaya bangunan terminal dapat bertahan lama hingga puluhan tahun.

“Pembangunan terminal ini perlu dilakukan pengawasan kalau saya melihat masih ada hal-hal yang harus diawasi dan kita lihat kalau targetnya menurut saya Desember optimistis bahwa ini bisa selesai karena dasar pembangunan ini sudah dilakukan, situasi ekonomi sekarang ini para pengusaha bersaing begitu ketat maka jangan korbannya pembangunan fisik, itu yang harus kita jaga kualitas,” jelas politisi Partai NasDem itu. •afr/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)