Komisi IX Minta Pemerintah Segera Manfaatkan BLK Pekanbaru

 
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar bertukar cenderamata usai memimpin Komisi IX DPR RI meninjau BLK Pekanbaru. Foto: Jaka/nv

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Ansory Siregar meminta pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) segera memanfaatkan Balai Latihan Kerja (BLK) Pekanbaru. Pasalnya, sudah ada peralihan pengelolaan dari Pemerintah Provinsi Riau ke pemerintah pusat, tinggal menunggu terbitnya Susunan Organisasi Tata Kerja (STOK). 

“Saya pada prinsipnya akan mendukung apapun untuk perkembangan BLK Pekanbaru dan berharap BLK ini ke depan bisa menjadi contoh untuk yang lain. Untuk itu saya meminta agar Kemenaker bisa segera merenovasi dan memanfaatkan BLK ini, sayang kalau tidak dimanfaatkan oleh anak-anak muda di sini, jangan sampai setop,” ujar Ansory saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi IX DPR meninjau BLK Pekanbaru di Riau, Selasa (19/4). 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap, BLK Pekanbaru ini bisa dikembangkan seperti BLK di Jakarta, Bandung, Serang, dan Semarang yang levelnya sudah internasional. “Nanti kita bicarakan dengan Bu Menteri (Ketenagakerjaan), apapun yang ingin dibangun atau dialokasikan untuk apa dianggarkan saja, nanti bisa buatkan surat ke Komisi IX. Karena BLK ini sayang sekali butuh renovasi dan peremajaan alat, malahan kalah dengan yayasan swasta di daerah sini yang bisa menelurkan milenial yang handal,” pungkas Ansory. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau Imron Rosyadi mengatakan, pihaknya telah mengalihkan pengelolaan BLK Pekanbaru dengan mengikuti ketentuan yang berlaku, dimana pelatihan strategis itu menjadi kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenaker. Terlebih, saat ini yang dibutuhkan pasar itu hampir semuanya pelatihan strategis yang tidak mungkin dilaksanakan oleh Pemprov. 

“Oleh karena itulah kami berinisiatif berdasarkan kebijakan dan keputusan pak gubernur agar diperjuangkan BLK Provinsi Riau di Pekanbaru dan Dumai itu dialihkan pengelolaannya ke Kemenaker. Alhamdulillah BLK Pekanbaru sudah resmi menjadi milik pusat, tinggal SOTK nya segera dipercepat di Kemenpan RB. Selain itu juga kendala di SDM dan anggaran kami terbatas, kiranya sangat tepat jika dialihkan ke pusat,” terangnya. •jk/sf

Kementerian Ketenagakerjaan segera merenovasi dan memanfaatkan Balai Latihan Kerja Pekanbaru.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)