Komisi IV Terima Keluhan dari Petani Bawang Merah Brebes

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini memimpin Kunspek ke Brebes. Foto: Ria/nvl

Tim Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi IV Anggia Erma Rini menerima keluhan dari kelompok tani bawang merah. Para petani menyampaikan bahwa harga bawang merah di tingkah petani, di Kabupaten Brebes kini merosot tajam. 

“Harga bawang semula mencapai Rp15.000 kini turun menjadi Rp7.000 per kg. Kondisi itu menyebabkan para petani merugi, karena modal tanam dan hasil tidak sebanding,” jelas Anggia usai di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (25/11).  

Anggia menjelaskan, anjloknya harga bawang merah sering kali juga disebabkan karena panen raya dan daya serapan yang rendah. Di Brebes sendiri serapan bawang merah hanya 5 persen dari keseluruhan hasil panen. Demi mencegah harga jatuh atau anjlok ketika musim panen tiba, Anggia meminta pemerintah melakukan inovasi salah satunya dengan meningkatkan ekspor bawang merah. Pasalnya, bawang merah hasil produksi Brebes sangat diminati di pasar luar negeri.

Terkait, kebutuhan storage (alat penyimpanan), pihaknya akan meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian untuk lebih memerhatikan keluhan ini. “Permasalahan ini memerlukan penangan yang extraordinary. Setelah mendengar dan menggali informasi dari pemda dan poktan kita coba mencari solusi supaya permasalahan ini bisa terurai dengan baik sehingga dapat menyejahterakan dan menjawab masalah yang selama ini menjadi permasalahan para petani,” kata politisi PKB itu.  rnm/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)