Komisi IV Terima Audiensi Tenaga Lepas Penyuluh Pertanian Daerah

Anggota Komisi IV DPR RI berfoto bersama dengan Forum Komunikasi Tenaga Harian Tenaga Lepas Bantu Penyuluh Pertanian Daerah

Komisi IV DPR RI menerima audiensi dengan Forum Komunikasi Tenaga Harian Tenaga Lepas Bantu Penyuluh Pertanian Daerah (THL TBPPD) terkait perkembangan pertanian sebagai upaya mendukung peningkatan ketahan pangan serta perhatian terhadap kesejahteraan penyuluh pertanian. Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah mengatakan, pihaknya selalu memberikan catatan kritis terhadap kinerja pemerintah termasuk dalam pembangunan pertanian serta kesejahteraan sumber daya manusianya dalam setiap rapat kerja dengan mitra kerja terkait. 

“Penyuluh pertanian adalah ujung tombak dalam pembangunan ketahanan pangan. Keluhan (teman-teman penyuluh) mengenai kontrak kerja hingga intensif yang bermasalah akan kami tampung dan sampaikan saat rapat kerja. Komitmen politik kami adalah memperbaiki kondisi dari THL,” kata Luluk di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (5/7). 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, pihaknya akan mendesak pemerintah untuk membuat skema yang berfokus pada perlindungan dan kesejahteraan THL TBPPD. “Keberpihakan jangan hanya diberikan kepada guru saja, masih banyak tenaga honorer yang perlu diperhatikan salah satunya THL TBPPD. Jangan hanya mengenal narasi pengabdian tetapi lupa cara mensejahterakan,” tutup Luluk. 

Sebelumnya, salah satu perwakilan Tenaga Lepas Bantu Penyuluh Pertanian Daerah menyampaikan, di Jawa Barat ada 5957 Desa dan penyuluh sebanyak 3511 orang. Mereka sudah bekerja sejak 2010. Karenanya, harapan besar jika Komisi IV DPR RI bisa memfasilitasi dan memperjuangkan hak para penyuluh pertanian karena sudah lama berkontribusi kepada bangsa dan negara. •rnm/sf

PENYULUH PERTANIAN ADALAH UJUNG TOMBAK DALAM PEMBANGUNAN KETAHANAN PANGAN.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)