Komisi IV Dorong Pemecahan Masalah Sampah di Hutan Mangrove Bali

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat memimpin Komisi IV DPR RI meninjau hutan mangrove di Bali. Foto: Agung/nvl

Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik guna melihat perawatan hutan mangrove di Taman Hutan Raya, Denpasar, Bali. Sebagaimana diketahui, lokasi hutan mangrove tersebut akan menjadi lokasi yang akan ditunjukkan Presiden RI Joko Widodo ke para pemimpin negara-negara G-20 sebagai bukti keberhasilan Indonesia melakukan rehabilitasi mangrove.

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin menyebutkan kunjungan kali ini dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi mengenai banyaknya sampah rumah tangga dan sampah plastik yang mencemari hutan itu.

Kami tidak ingin permasalahan sampah menjadi noda yang tidak baik dalam penyelenggaraan acara Presidensi G20,” ujar Sudin.

Komisi IV DPR RI juga meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemerintah Provinsi Bali mencari solusi penanganan sampah di sekitar Taman Hutan Raya Bali.

Sudin juga berpesan agar pengelolaan sampah ke depannya harus dilakukan secara bersama-sama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Dalam kesempatan tersebut, Politisi PDI-Perjuangan itu juga menyampaikan bahwa pengelolaan sampah yang baik akan memberikan dampak ekonomi sirkuler yang besar sebagai contoh pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik yang di butuhkan para petani, pemanfaatan sampah plastik untuk diolah kembali dan kerajinan juga membuka lapangan pekerjaan di Bali.

Bahkan Komisi IV DPR RI mencatat beberapa aplikasi start-up untuk mengendalikan sampah sudah banyak tumbuh di Pulau Dewata. “Artinya keberhasilan pengelolan sampah di Bali akan memberikan manfaat yang besar untuk mendukung pariwisata bali dan menumbuhkan ekonomi sirkuler di Bali,” pungkas Sudin. •ah/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)