Komisi IV Apresiasi Penanganan PMK Zero Case di Sumsel

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan saat memimpin kunspek Komisi IV DPR RI ke Barantan Palembang. Foto: CHASBI/NVL
Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan saat memimpin kunspek Komisi IV DPR RI ke Barantan Palembang. Foto: CHASBI/NVL

Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian serta Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) yang telah menangani ribuan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), dan kini sudah dinyatakan zero case.

“Artinya sudah tidak ada lagi data yang dilaporkan terkait kasus PMK ini.  Kesemuanya karena gerak cepat dan tepat sasaran serta yang paling penting adalah berkolaborasi membangun sinergi dan bergotong royong dari semua stakeholders yang ada di Sumsel untuk menangani PMK secara bersama-sama,” kata Johan saat memimpin rapat kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI di Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang, Sumsel, Jumat (2/9).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, pihaknya mengaku surprise atas penyampaian Kepala Badan Karantina Pertanian bahwa PMK di Sumsel sudah zero case. “Keberhasilan ini patut kami apresiasi dan akan kami bawa ke Rapat Kerja Komisi IV DPR dengan Pemerintah untuk dijadikan contoh bagi daerah lain,“ kata Johan lebih lanjut.

Hal tersebut juga disampaikan Kepala Badan Karantina Kementan, Bambang yang mengatakan dengan kondisi zero case PMK menjadikan Sumatera Selatan kembali menjadi zona hijau. Ia  berharap penanganan PMK di Sumatera Selatan dapat ditiru oleh provinsi lainnya sehingga kondisi Indonesia semakin baik. •cas/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)