Komisi III Sarankan Lapas Perempuan Kelas II Palangka Raya Dipindah ke Kota

Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat. Foto: Eno/nvl

Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat memberikan saran agar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Palangka Raya yang lokasinya ada di tengah hutan dan terletak 40 kilometer dari Kota Palangka Raya, untuk dipindah ke pusat kota, yang kemudian ditukar dengan lapas umum. 

“Saya tahu Lapas Perempuan ada di tengah hutan dan bagi perempuan itu sangat mengkhawatirkan menurut saya. Dan saya apresiasi dalam hal ini, karena (pemindahan) sudah mulai dilakukan prosesnya,” ujar Ary usai mengikuti RDP Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI dengan Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah beserta jajaran, di Palangka Raya, Kalteng, Senin (21/2). 

Politisi Partai NasDem itu juga mendengar ada penjelasan klasik mengenai over capacity di lapas, namun ia tetap memberi apresiasi kepada Kakanwil Kemenkumham Kalteng. Walaupun dengan kondisi seperti itu, Ary menilai jajaran Kemenkumham Kalteng masih mampu untuk mengelaborasi problematika yang ada di wilayah Kemenkumham Kalteng, sehingga semua dapat berjalan baik hingga saat ini. 

Dalam kesempatan yang sama, Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya mengakui Lapas Perempuan Kelas IIA di Kalteng cukup jauh dari kota. Menurut Ilham, pertimbangan dari sisi keamanan apabila ditempati oleh lapas Perempuan yang notabene itu hampir 40 km dari kota dan tinggalnya itu di dalam hutan, sehingga ada kebijakan untuk dilakukan pertukaran dengan lapas umum yang ada di Kota Palangka Raya. 

“Alhamdulillah dibantu oleh Ibu Ary Egahni selaku Anggota Komisi III DPR RI dapil Kalimantan Tengah yang mendorong anggaran untuk lapas Palangka Raya yang di dalam kota ditukar penghuninya menjadi lapas perempuan sehingga lingkungannya lebih aman,” jelas Ilham. Ia berharap proses administrasi tahun ini bisa selesai, sehingga pada akhir tahun bisa dilakukan pergeseran-pergeseran dengan cepat, untuk menekan persoalan over capacity. •eno/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)