Komisi III Harap RUU HAPer Beri Kenyamanan Bagi Para Pencari Keadilan

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir. Foto: HANUM/PDT
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir. Foto: HANUM/PDT

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir berharap Rancangan Undang-Undang Hukum Acara Perdata (RUU HAPer) dapat memberikan kenyamanan bagi para pencari keadilan, dalam hal ini yaitu bagi masyarakat Indonesia. Menurutnya, Hukum Acara Perdata sudah tidak sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat saat ini sehingga tidak dapat menampung berbagai perkembangan hukum.

Hal itu disampaikan Adies usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kepala Kepolisian Daerah NTT, Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, serta Akademisi berkaitan dengan pembahasan RUU HAPer, di Kupang, NTT, Jumat (9/9).

“Jadi memang saat ini kita, sangat berhati-hati dalam melakukan proses pembahasan RUU ini (RUU HAPer) agar tidak menjadi lebih buruk daripada RUU yang lalu yang bernuansa kolonial,” tegas Adies.  Sebagai informasi, Peraturan Perundang-Undangan dalam kerangka hukum Acara Perdata merupakan produk Pemerintah Hindia Belanda yang hingga saat ini masih berlaku.

Sebagaimana tujuan pembentukannya yang bersifat dualistis atau mengandung dualisme hukum acara yang berlaku untuk Pengadilan di Jawa-Madura dan hukum acara yang berlaku untuk Pengadilan di luar Jawa-Madura, yang sesuai dengan Het Herziene Indonesisch Reglement dan Rechtsreglement Buitengewest. 

“Melihat hal itu tentunya sudah sangat tidak sesuai dengan kondisi saat ini. Jadi memang diperlukan diskusi seperti ini, turun langsung mendengarkan masukan dari para praktisi, Kepala Kejaksaan Tinggi, Jaksa, Hakim dan Polisi yang memang merupakan pelaku yang tau persis bagaimana penerapan Undang-Undang (UU) tersebut selama ini di tengah masyarakat dan juga yang terjadi pada saat persidangan,” ungkap Politisi Partai Golkar itu. •hnm/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)